Jumat, 11 Maret 2022 23:50

Pemkab Barru Kembali Terima Penghargaan UHC 2021 dari BPJS Kesehatan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh (tengah), menerima penghargaan Universal Health Coverage 2021 dari BPJS Kesehatan, Jumat (11/3/2022).
Bupati Barru, Suardi Saleh (tengah), menerima penghargaan Universal Health Coverage 2021 dari BPJS Kesehatan, Jumat (11/3/2022).

Bupati Barru, Suardi Saleh, sebagai kepala daerah penerima penghargaan istimewa ini memaparkan pelayanan kesehatan wilayah pemerintahannya.

RAKYATKU.COM, BARRU - Kesehatan merupakan indikator kunci dalam taraf kesejahteraan masyarakat. Ini adalah salah satu tujuan pemerintah daerah, termasuk yang selama ini diupayakan maksimal Kabupaten Barru. Usaha itupun membuahkan hasil positif.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) dari pemerintah pusat memberikan penghargaan atas tercapainya Universal Health Coverage (UHC) karena penduduk terdaftar dalam Program JKN-KIS 2021.

Bupati Barru, Suardi Saleh, sebagai kepala daerah penerima penghargaan istimewa ini, setelah menyampaikan sambutan selamat datang kepada rombongan BPJS Pusat di Barru, kemudian memaparkan pelayanan kesehatan wilayah pemerintahannya.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Barru yang juga Ketua Pokja Kabupaten Kota Sehat sekaligus anggota DPR RI komisi yang membidangi kesehatan, Hasnah Syam, menyampaikan jumlah pelayanan kesehatan di Barru dengan 12 puskesmas dan 1 rumah sakit tipe C.

"Alhamdulillah, dengan program jaminan kesehatan, tidak ada lagi masyarakat prasejahtera yang tidak dijamin oleh Pemerintah Kabupaten Barru dan hingga saat ini sudah mencapai 98 persen," sebut Suardi.

Ia juga tidak lupa memanfaatkan peluang dengan memberikan masukan kepada pimpinan BPJS, mengenai kondisi beberapa jenis obat yang tidak ditanggung BPJS, serta ditemukan masih seringnya ada permasalahan terkait kedaluwarsa kartu BPJS.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Amran Mahmud juga menyampaikan keunggulan sinergi dan soliditas warga di dalam dan di luar daerah demi kesehatan dan kesejahteraan bersama melalui metode pengumpulan dan penyaluran zakat.

"Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Barru mengambil langkah dalam pelayanan masyarakat. Bagi beberapa warga yang memiliki tunggakan karena tidak aktif kartunya karena masalah ekonomi, maka Pemerintah Kabupaten Barru membayarkannya melalui Baznas," tuturnya.

Direktur BPJS Bidang SDM dan Umum, Andi Afdal, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas keberhasilan yang dilakukan Pemkab Barru dalam penanganan kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

"Kami sangat apresiasi karena di Barru ada terobosan dengan membuat rumah singgah, kemudian Baznas, ini sungguh luar biasa. Belum ada di Indonesia yang buat program seperti ini," kagum Afdal.

Ia menyampaikan bahwa penyerahan penghargaan ini secara langsung ke daerah memang di antaranya bertujuan mendengarkan saran masukan termasuk melihat kondisi fasilitas kesehatan serta meningkatkan komunikasi koordinasi dengan pemda dan masyarakat.

Sementara, Ketua TP PKK Barru, Hasnah Syam, juga menyampaikan ungkapan syukurnya. "Kami sangat senang dengan kedatangan pimpinan BPJS di Kabupaten Barru, karena kami di Komisi IX adalah mitra dari BPJS dan telah mengarahkan agar turun langsung ke lapangan agar mengetahui keluhan dan kondisi masyarakat," kata perempuan inspiratif Sulsel ini.

Baca Juga : KNPI Barru Audiensi dengan Bupati Bahas Persiapan Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus

UHC atau cakupan kesehatan semesta adalah sistem perawatan dan pelayanan kesehatan yang menjamin semua penduduk di suatu negara atau wilayah tertentu memiliki akses untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Sistem ini umumnya diterapkan agar semua penduduk (atau hanya penduduk yang tidak mampu) mendapatkan layanan kesehatan atau sarana untuk memperoleh layanan tersebut, dengan tujuan akhir untuk meningkatkan status kesehatan. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh #bpjs kesehatan