Jumat, 11 Maret 2022 10:53

Kabupaten Bantaeng Jadi Tuan Rumah Raker Asdeksi Korda Sulselbar 2022

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kabupaten Bantaeng Jadi Tuan Rumah Raker Asdeksi Korda Sulselbar 2022

Kegiatan tersebut telah resmi dibuka oleh Ketua Asdeksi Korda Sulselbar, Drs. Sainal Hayat, M.Si, di Hotel Kirei Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Kamis (10/3/2021)

RAKYATKU.COM, COM, -- Kabupaten Bantaeng dipercaya sebagai tuan rumah Rapat Konsolidasi Pengurus Daerah Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota seluruh Indonesia (Asdeksi) Korda Sulawesi Selatan dan Barat tahun 2022.

Kegiatan tersebut telah resmi dibuka oleh Ketua Asdeksi Korda Sulselbar, Drs. Sainal Hayat, M.Si, di Hotel Kirei Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Kamis (10/3/2021).

Hadir pada acara pembukaan, Bupati Bantaeng, DR. H. Ilham Syah Azikin, M.Si., Narasumber, Udoyo Hari Wirawan, BPKP Perwakilan Sulawesi Selatan serta para Sekwan se-Sulselbar beserta staf.

Baca Juga : Pengurus KKT Makassar Gelar Raker di Jeneponto

“Mudah-mudahan di rapat konsolidasi ini bisa merekomendasikan hal-hal yang nantinya memang membantu tugas dan fungsi dari sekretariat DPRD masing-masing kabupaten/kota, hingga bisa diimplementasikan untuk mewujudkan sinergi antara eksekutif dan legislatif dalam kerangka pembangunan daerah," kata Ilham Syah Azikin.

Lanjut, Bupati Bantaeng menjelaskan bahwa tugas dan fungsi Sekretaris DPRD adalah jabatan strategis dan vital yang ada dilingkup pemerintah daerah karena harus memberikan pelayanan kepada DPRD dan juga kepada kepala daerah sebagai perangkat daerah.

Harapan serupa juga disampaikan Ketua Asdeksi Korda Sulselbar, Sainal Hayat. Dia berharap agar raker Asdeksi tersebut bisa merumuskan rekomendasi-rekomendasi yang akan dipersiapkan untuk Rakornas DPN Asdeksi, terutama terkait isu dalam menjalankan tugas pemerintahan di daerah.

Baca Juga : Raker Pengurus Pusat IKA Unhas Digelar Bulan Juli Ini

“Raker ini kita harapkan bisa merumuskan rekomendasi yang disampaikan di Rakornas, berdasarkan evaluasi sistem regulasi penyelanggaraan pemerintah daerah yang menjadi kendala khususnya Sekretariat DPRD,” kata Sainal Hayat.

Ketua Asdeksi Korda Sulselbar yang juga Sekretaris DPRD Wajo juga menyinggung peran Sekretaris DPRD dalam menjaga hubungan antara Legislatif dan Eksekutif.

“Untuk menjaga hal itu, diperlukan untuk meningkatkan konsolidasi, memberikan informasi, serta komitmen dalam mewujudkan kualitas layanan mengingat peran Sekretariat Dewan (Setwan) sebagai aparat birokrasi dalam ranah politik sehingga perlu perofesionalitas dalam menjalankan tugas," pungkasnya.

Baca Juga : Ikatan Alumni PPSP IKIP Ujung Pandang Gelar Raker Sambil Nikmati Keindahan Dutungan

“Sehingga perlu bagi kami untuk membekali diri dengan kompetensi yang handal, demi memberikan layanan publik yang maksimal bagi lembaga DPRD serta mendukung pemenuhan tugas pokok dan fungsi DPRD,” sambungnya.

Seperti diketahui, kegiatan rapat konsolidasi Asdeksi Korda Sulselbar yang diselenggarakan di Kabupaten Bantaeng dilaksanakan dengan penerapan protokol yang ketat.

Selain itu, raker tersebut juga diikuti oleh 70 orang peserta yang berasal dari Sulawesi Selatan dan Barat

Baca Juga : HIPMI Makassar Gelar Rakercab dan Diklatcab

Sedangkan untuk memperdalam informasi terkait tema yang diangkat, “Perspektif Pemeriksaan terhadap Pemenuhan Hak Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD oleh Sekretariat DPRD" rapat konsolidasi tersebut menghadirkan narasumber seperti Udoyo Hari Wirawan, dan Koordinator Pengawas BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#raker #Asdeksi #Kabupaten Bantaeng