Senin, 07 Maret 2022 19:27

Demi Keamanan Berlalulintas, Kadishub Makassar Minta Kesadaran Masyarakat Melakukan Uji KIR

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kadishub Makassar, Iman Hud
Kadishub Makassar, Iman Hud

"Uji KIR merupakan salah satu kewajiban yang harus dilalui setiap kendaraan bermuatan sedang dan besar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - ?inas Perhubungan Kota Makassar gencar melakukan uji KIR atau uji kelayakan kendaraan, mulai dari truk muatan sedang hingga besar.

Pengujian kendaraan dilakuakan di Kompleks Terminal Regional Daya tepatnya di Kantor UPTD PKB Kota Makassar.

"Uji KIR merupakan salah satu kewajiban yang harus dilalui setiap kendaraan bermuatan sedang dan besar," terang Imam Hud, Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Senin 7 Maret 2022.

Baca Juga : Mobil Pengangkut Anggota Pramuka Kecelakaan di Bulukumba, Belasan Luka-luka

Imam menegaskan, setiap kendaraan truk bermuatan yang ingin beroperasi di Kota Makassar atau pun di Kota Lainnya mesti melewati uji KIR. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan akibat kendaraan yang tidak layak pakai.

"Uji KIR untuk mengetahui apakah kendaraan masih layak jalan. Ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas. Jika sudah tidak layak dan masih terus dipakai, ini sangat beresiko. Bukan hanya membahayakan pengemudinya tetapi juga pengguna jalan lainnya," sebutnya.

Olehnya itu, Iman mendorong dan mengharapkan kesadaran masyarakat untuk melakukan uji KIR. Pihaknya pun rutin melakukan razia untuk mencegah penggunaan kendaraan yang tidak layak jalan.

Baca Juga : Mobil Patwal Polisi Tabrak Pemotor Ternyata Milik Polrestabes Makassar

"Razia juga rutin dilakukan namun kami mengharapkan kesadaran dari masyarakat untuk melakukan uji KIR demi kebaikan dan keamanan bersama," sebutnya.

 

#dishub makassar #iman Hud #Kecelakaan lalulintas