Minggu, 06 Maret 2022 14:16

Ukraina Minta Bantuan Jet Tempur dari AS untuk Melawan Rusia

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan para pengungsi, saat invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, di pusat penerimaan pengungsi di perbatasan Ukraina-Polandia di Korczowa, Polandia [Olivier Douliery/Reuters]
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan para pengungsi, saat invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, di pusat penerimaan pengungsi di perbatasan Ukraina-Polandia di Korczowa, Polandia [Olivier Douliery/Reuters]

"Ukraina terutama membutuhkan jet tempur dan sistem pertahanan udara," ungkap Menteri Luar Negeri Ukraina.

RAKYATKU.COM--Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken diperbatasan Ukraina-Polandia, Sabtu (5/3/2022).

Dalam pertemuan itu keduanya membahas bagaimana lebih lanjut mendukung Kyiv sambil mengisolasi Rusia saat perang memasuki hari kesepuluh .

“Seluruh dunia mendukung Ukraina, sama seperti saya berdiri di sini di Ukraina bersama teman saya, kolega saya,” kata Blinken dilansir dari BBC.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Kuleba pun menanggapi dukungan itu sebagai manifestasi dari Amerika Serikat. "Saya berharap orang-orang Ukraina dapat melihat ini sebagai manifestasi yang jelas bahwa kami memiliki teman yang benar-benar mendukung kami,” ujar Kuleba.

Kuleba mengatakan ia membahas penyediaan senjata ke Ukraina dan kampanye untuk mengisolasi Rusia secara internasional dan merusak ekonominya dengan sanksi.

Ia optimis Kyiv akan memenangkan perang dengan Rusia apabila banyak mendapatkan bantuan dari pendukung Internasionalnya agar bisa mengakhiri konflik lebih cepat.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

"Ukraina terutama membutuhkan jet tempur dan sistem pertahanan udara," katanya.

Kuleba menambahkan bahwa senjata antipesawat Stinger yang disediakan oleh negara-negara Barat membantu Pasukan Ukraina menjatuhkan tiga pesawat Rusia pada hari Sabtu.

“Kami membutuhkan, sistem pertahanan udara yang besar untuk memastikan keamanan langit kami. Jika kita kehilangan langit, akan ada lebih banyak darah di tanah,” kata Kuleba.

#Ukraina #Rusia #Amerika Serikat #Jet tempur