Rabu, 02 Maret 2022 11:14

Kilas Momentum Hari Jadi Ke-62 Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (kanan), bersama Bupati Barru, Suardi Saleh.
Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (kanan), bersama Bupati Barru, Suardi Saleh.

Momentum ini bukan sekadar menyegarkan kembali ingatan tentang terbentuknya Kabupaten Barru, tetapi sebagai bentuk muhasabah.

RAKYATKU.COM, BARRU - Perayaan hari jadi ke-62 Kabupaten Barru selesai digelar, Selasa (1/3/2022) kemarin. Acara peringatan berlangsung sederhana di gedung DPRD Barru.

Ini pertama kalinya peringatan hari jadi berlangsung di rumah rakyat tersebut. Turut hadir Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, bersama Sekretaris Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, dan Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syahruddin Alrif.

Bupati Barru, Suardi Saleh, mengucap syukur atas terlaksananya peringatan hari jadi ini.

Baca Juga : Plt. Ketua TP PKK Barru Resmikan Gerakan Pangan Murah di Tanete Riaja

Menurutnya, momentum ini bukan sekadar menyegarkan kembali ingatan tentang terbentuknya Kabupaten Barru, tetapi sebagai bentuk muhasabah.

"Ini momentum untuk merenungkan kembali dan mengevaluasi segala ikhtiar yang telah kita lakukan dalam mengemban amanah untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat," kata Suardi di hadapan tamu undangan.

"Dengan kata lain peringatan hari jadi harus mampu jadi refleksi sejauh mana karya dan penghargaan yang telah ditorehkan untuk kemajuan Kabupaten Barru," sambungnya.

Baca Juga : Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

Kepala daerah berlatar belakang insinyur di bidang arsitektur ini mengakui bahwa perjalanan pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Barru sampai saat ini, menghadapi dinamika berupa keberhasilan dan kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan.

"Potret pembangunan Kabupaten Barru, seperti halnya dengan kabupaten dan kota lainnya di Indonesia juga diwarnai dengan dinamika perubahan tahun ke tahun," ucapnya.

Suardi kemudian menjelaskan beberapa item keberhasilan pembangunan dalam tempo setahun terakhir, tepat setahun kepemimpinannya sebagai kepala daerah untuk Periode kedua.

Baca Juga : Bupati Janji Umrah, Kafilah Barru Berlaga di MTQ XXXIII Sulsel Target Raih Prestasi

Berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dicapai hingga saat ini terlihat pada berbagai indikator pembangunan daerah.

1. PDRB meningkat dari Rp7,43 triliun pada tahun 2020 menjadi Rp8,10 triliun pada tahun 2021

Baca Juga : Jambore Pendidikan Barru Digelar di Kaki Gunung Nepo, Bupati Janji Akses Jalan Segera Diperbaiki

2. Pendapatan per kapita yang semakin meningkat dari Rp40,36 juta pada tahun 2020 menjadi Rp43,43 juta pada tahun 2021

3. Pertumbuhan ekonomi meningkat dari 0,87 persen pada tahun 2020 menjadi 4,77 persen pada tahun 2021, pertumbuhan ekonomi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan Provinsi Sulawesi selatan yang bertumbuh secara negatif pada 2020

4. Indeks pembangunan manusia meningkat dari 71 pada tahun 2020 menjadi 71,13 pada tahun 2021 dan menjadikan Kabupaten Barru berada pada kabupaten kelompok IPM kategori tinggi di Sulawesi Selatan

Baca Juga : Bupati Barru Buka Jambore Pendidikan 2024: Perkuat Ukhuwah dan Tingkatkan Mutu Pendidikan

5. Angka kemiskinan sebesar 8,26 persen pada tahun 2020, meningkat pada tahun 2021 sebesar 8,68 imbas pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) karena pandemi COVID 19

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh #Hari Jadi Ke-62 Barru