Rabu, 02 Maret 2022 08:58

Rusia Bombardir Kota Terbesar Kedua di Ukraina dengan Rudal, Menara TV hingga Gedung Apartemen Hancur

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rusia membom sebuah menara TV di ibu kota Ukraina pada Selasa (1/3/2022) ( Foto REUTERS)
Rusia membom sebuah menara TV di ibu kota Ukraina pada Selasa (1/3/2022) ( Foto REUTERS)

Kantor Zelenskyy juga melaporkan serangan rudal yang kuat di lokasi peringatan Holocaust Babi Yar, dekat menara.

RAKYATKU.COM--Pasukan Rusia meningkatkan serangan mereka di daerah perkotaan yang padat pada hari Selasa (1/3/2022), membombardir alun-alun di kota terbesar kedua di Ukraina dan menara TV utama Kyiv.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyebut apa yang dilakukan Rusia sebagai kampanye teror yang terang-terangan.

“Tidak ada yang akan memaafkan. Tidak ada yang akan lupa,” Presiden Volodymyr Zelenskyy bersumpah setelah pertumpahan darah di alun-alun di Kharkiv.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Pihak berwenang Ukraina mengatakan lima orang tewas dalam serangan di menara TV, yang berjarak beberapa mil dari pusat Kyiv dan berjalan kaki singkat dari berbagai gedung apartemen. Sebuah ruang kontrol TV dan gardu listrik dihantam, dan setidaknya beberapa saluran Ukraina berhenti sebentar, kata para pejabat.

Kantor Zelenskyy juga melaporkan serangan rudal yang kuat di lokasi peringatan Holocaust Babi Yar, dekat menara. Seorang juru bicara untuk tugu peringatan itu mengatakan sebuah pemakaman Yahudi di lokasi itu, di mana penjajah Nazi membunuh lebih dari 33.000 orang Yahudi selama dua hari pada tahun 1941, rusak, tetapi luasnya tidak akan jelas sampai siang hari.

Pada saat yang sama, konvoi ratusan tank Rusia dan kendaraan lain sepanjang 40 mil (64 kilometer) maju perlahan di Kyiv, ibu kota berpenduduk hampir 3 juta orang, yang ditakuti Barat adalah tawaran dari Presiden Rusia Vladimir Putin . untuk menggulingkan pemerintah dan memasang rezim yang bersahabat dengan Kremlin.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Pasukan penyerang juga menekan serangan mereka ke kota-kota lain, termasuk pelabuhan-pelabuhan strategis Odesa dan Mariupol di selatan.

Sumber: AP News

#Rusia #Ukraina #Rudal