Selasa, 01 Maret 2022 22:55

Ketua Komisi II DPRD Jeneponto Beri Kuliah Umum di STIE STKIP YAPTI Turatea

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jeneponto, Hanapi Sewang memberikan Kuliah Umum di Kampus STIE STKIP YAPTI Turatea Jeneponto, Selasa (1/3/2022).
Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jeneponto, Hanapi Sewang memberikan Kuliah Umum di Kampus STIE STKIP YAPTI Turatea Jeneponto, Selasa (1/3/2022).

"Walaupun jaman terus bergerak dan berubah, namun tetap ada yang tidak berubah dari mahasiswa yaitu semangat dan idealisme"

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jeneponto, Hanapi Sewang memberikan Kuliah Umum di Kampus STIE STKIP YAPTI Turatea Jeneponto, Selasa (1/3/2022)

Kuliah Umum tersebut di rangkaian dengan Rapat Kerja Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) yang dilaksanakan di ruangan Aula STIE STKIP YAPTI Turatea Jeneponto.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua STIE YAPTI Jeneponto Dr. Maksud Hakim, Ketua III STIE YAPTI Jeneponto Ali Syahban Amir, Ketua III STKIP YAPTI Jeneponto Sahabuddin Tompo dan beberapa dosen hadir pada kesempatan tersebut.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Tegaskan Komitmen Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Publik

Ketua STIE YAPTI Jeneponto Dr. Maksud Hakim, membuka acara dan sekaligus memberikan sambutan pertama pada Kuliah Umum tersebut.

"Pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk hadir dan teristimewa kita kedatangan tamu dari alumni kita yang sekarang sudah berkiprah di DPRD Jeneponto dan sebentar beliau akan memberikan materi kuliah umum serta sesi tanya jawab," ujarnya

Sementara itu, Hanapi Sewang menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan ini untuk diundang memberikan materi kepada adek-adek mahasiswa. Dia membawakan materi kuliah menanamkan nilai-nilai kepemimpinan legislatif kepada mahasiswa sebagai agen perubahan.

Baca Juga : Rakor Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Jeneponto

"Mahasiswa adalah generasi pelanjut kita nantinya, sudah banyak pejabat-pejabat di Jeneponto yang berasal dari lulusan Yapti Jeneponto, termasuk saya adalah alumni dari sini, jadi saya berharap pada adek-adek patut bangga menjadi mahasiswa di kampus ini, intinya terus belajar dan berikan yang terbaik untuk daerah kita," sebutnya

Legislator PAN itu mengatakan diantara kalian akan ada calon-calon pemimpin di masa yang akan datang, sebagai kaum intelektual diharapkan mampu membuat perubahan-perubahan positif untuk masyarakat.

Mahasiswa dapat menjalankan perannya sebagai agen perubahan dan membawa masyarakat pada tatanan sosial yang lebih adil, ketika mahasiswa mampu melihat secara kritis kondisi sosial yang ada maka dia bisa mengupayakan perubahan dalam kondisi yang lebih ideal.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Reposisi Pejabat di Beberapa OPD Strategis

"Mahasiswa juga mempunyai peran untuk melakukan kontrol terhadap kebijakan dari pemerintah, tentunya kita sama-sama melakukan perbaikan terhadap kondisi yang ada kearah yang lebih baik," jelasnya

Dia mengemukakan, bahwa mahasiswa merupakan suatu elemen masyarakat yang unik, kenapa saya katakan demikian karena jumlahnya tidak banyak, namun sejarah menunjukkan bahwa dinamika bangsa tidak terlepas dari peran mahasiswa.

"Walaupun jaman terus bergerak dan berubah, namun tetap ada yang tidak berubah dari mahasiswa yaitu semangat dan idealisme. Saya berpesan, terus ikuti perkembangan jaman karena kita sekarang berada di era digital, jangan mau ketinggalan dengan perkembangan yang ada sekarang," bebernya.

Baca Juga : Pemkab-DPRD Jeneponto Sahkan Tiga Ranperda

Pada acara tersebut diberikan kesempatan juga kepada mahasiswa untuk memberikan pertanyaaan atau masukan kepada anggota DPRD Jeneponto. Dalam sesi tanya jawab salah satunya memberikan masukan bahwa mahasiswa menitip pesan kepada wakil rakyat.

"Agar sama-sama memerangi korupsi di daerah yang kita cintai ini, serta masalah-masalah timbul di masyarakat agar dapat diberikan solusi yang terbaik dan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya didaerah kita," imbuhnya

Kuliah Umum dan Rapat Kerja DPM, ditutup dengan pemberian sertifikat penghargaan dari Ketua STIE YAPTI Jeneponto kepada Ketua Komisi II DPRD Jeneponto sekaligus sesi foto bersama.

Baca Juga : Tampung Usulan Masyarakat, Wakil Ketua I DPRD Jeneponto Silaturahmi di Desa Jombe

 

Penulis : Samsul Lallo
#DPRD Jeneponto #komisi II #STIE STKIP YAPTI