Selasa, 01 Maret 2022 05:21

Resmi! FIFA dan UEFA Menangguhkan Klub dan Timnas Rusia dari Semua Kompetisi

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kantor FIFA (Foto FIFA)
Kantor FIFA (Foto FIFA)

FIFA dan UEFA sepakat bahwa semua tim dan klub nasional Rusia diskors hingga pemberitahuan lebih lanjut menyusul invasi ke Ukraina.

RAKYATKU.COM--Di tengah tekanan yang meningkat dari negara-negara Eropa dan Komite Olimpiade Internasional, FIFA dan UEFA akhirnya resmi menjatuhkan hukuman kepada Rusia.

FIFA dan UEFA sepakat bahwa semua tim dan klub nasional Rusia diskors hingga pemberitahuan lebih lanjut menyusul invasi ke Ukraina.

Hal itu disampaikan UEFA melalui laman resmi mereka pada Selasa (1/3/2022) dini hari Wita. Adapun keputusan tersebut diambil Dewan FIFA bersama Komite Eksekutif UEFA.

Baca Juga : Presiden Ukraina Kecelakaan Usai Kunjungi Pasukannya di Medan Perang, Begini Kondisinya

"FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional atau tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi di kedua tim," demikian pernyataan FIFA dan UEFA.

Dengan adanya keputusan ini maka Rusia tidak akan terlibat dalam playoff Piala Dunia 2022.

 

Selain itu Spartak Moscow akan tersingkir dari babak 16 besar Liga Europa, di mana mereka akan menghadapi RB Leipzig.

Baca Juga : Persiapan Piala Dunia U-20, Presiden Jokowi Minta Menpora Segera Penuhi Apa yang Dikehendaki FIFA

UEFA juga telah mengakhiri hubungannya dengan Gazprom, raksasa energi milik negara Rusia yang merupakan sponsor utama Liga Champions.

Sponsored by MGID

Sebelumnya FIFA mengumumkan pada hari Minggu bahwa tim Rusia akan diizinkan untuk terus bermain di bawah nama Persatuan Sepak Bola Rusia, memainkan pertandingan kandang di wilayah netral, dan dengan bendera dan lagu kebangsaan Rusia dilarang.

Namun pada akhirnya ditentang oleh banyak pihak bahkan dari awal Polandia, Swedia dan Republik Ceko lawan Rusia di play-off Piala Dunia semuanya mengumumkan niat untuk memboikot pertandingan mereka.

Baca Juga : Utusan FIFA Kunjungi PSSI, Bahas Persiapan Piala Dunia U-20

Akhirnya FIFA kemudian mengubah pendiriannya dalam pengumuman bersama dengan UEFA, yang memutuskan Rusia dikeluarkan dari semuan turnamen sepak bola.

 

#FIFA #UEFA #Rusia #Ukraina #Piala Dunia