Senin, 28 Februari 2022 06:33

FIFA Ancam Tendang Rusia dari Piala Dunia 2022 Imbas Invasi ke Ukraina

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

"FIFA akan terus melakukan dialog dengan IOC, UEFA, dan organisasi olahraga lainnya untuk menentukan hukuman tambahan, termasuk potensi mencoret (Rusia) dari kompetisi (Piala Dunia 2022) bisa dilakukan dalam waktu dekat jika situasi tidak membaik," demikian pernyataan resmi FIFA.

RAKYATKU.COM - Rusia terancam tidak bisa tampil pada Piala Dunia 2022 Qatar imbas invasi ke Ukraina. Ancaman itu datang otoritas sepak bola tertinggi di dunia, FIFA.

FIFA sebelumnya telah memberikan hukuman terhadap Rusia terkait playoff Piala Dunia 2022 meski ada boikot dari Polandia dan Swedia.

Dalam pernyataan kemudian, FIFA memastikan Rusia bisa "ditendang" dari kompetisi internasional, termasuk Piala Dunia 2022 di Qatar.

Baca Juga : Tidak Bertindak atas Kekerasan Israel Terhadap Palestina, FIFA Dikecam

"FIFA akan terus melakukan dialog dengan IOC, UEFA, dan organisasi olahraga lainnya untuk menentukan hukuman tambahan, termasuk potensi mencoret (Rusia) dari kompetisi (Piala Dunia 2022) bisa dilakukan dalam waktu dekat jika situasi tidak membaik," demikian pernyataan resmi FIFA dikutip pada Senin (28/2/2022).

"Biro Dewan FIFA dalam posisi siaga untuk mengambil keputusan kapan pun," lanjut FIFA.

Sebelumnya, tiga hukuman FIFA untuk Rusia adalah larangan menggelar pertandingan kandang di wilayah mereka. Kedua, Rusia harus menggunakan nama RFU (Asosiasi Sepak Bola Rusia) bukan Rusia. Terakhir, penggunaan bendera dan lagu kebangsaan Rusia dilarang.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Terkait playoff Piala Dunia 2022 antara Rusia melawan Polandia, FIFA memastikan hingga saat ini masih berjalan sesuai rencana meski ada boikot dari Polandia dan Swedia.

Polandia dan Swedia telah menyatakan menolak melawan Rusia pada playoff Piala Dunia 2022 pada 24 dan 28 Maret mendatang. (*)

#Perang Rusia Vs Ukraina #Rusia #FIFA #Piala Dunia 2022 Qatar