Senin, 28 Februari 2022 09:58

FIFA Ancam Diskualifikasi Rusia dari Piala Dunia 2022 jika Invasi ke Ukraina Terus Berlanjut

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
FIFA (Foto FIFA)
FIFA (Foto FIFA)

Namun jika situasi terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan Rusia bisa didiskualifikasi dari Piala Dunia 2022 di Qatar.

RAKYATKU.COM -- Federasi Sepak Bola Dunia FIFA juga telah mengambil tindakan atas Invasi Rusia terhadap Ukraina. FIFA menjatuhkan sanksi ringan terhadap Rusia.

Pertama Rusia dilarang menggelar pertandingan kandang di wilayah mereka. Kedua timnas Rusia harus menggunakan nama RFU (Asosiasi Sepak Bola Rusia) bukan Rusia. Dan terakhir penggunaan bendera dan lagu kebangsaan Rusia dilarang.

Namun jika situasi terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan Rusia bisa didiskualifikasi dari Piala Dunia 2022 di Qatar.

Baca Juga : Tidak Bertindak atas Kekerasan Israel Terhadap Palestina, FIFA Dikecam

"FIFA akan melanjutkan dialog berkelanjutan dengan IOC, UEFA dan organisasi olahraga lainnya untuk menentukan tindakan atau sanksi tambahan, termasuk kemungkinan pengecualian dari kompetisi, yang akan diterapkan dalam waktu dekat jika situasinya tidak membaik dengan cepat,” demikian pernyataan resmi FIFA dikutip dari AP News, Senin (28/2/2022).

Rusia akan menghadapi Polandia pada bulan Maret dalam play-off kualifikasi piala dunia, tetapi Polandia telah mengatakan bahwa mereka menolak untuk ambil bagian dalam pertandingan tersebut karena situasi di Ukraina.

Prancis dan Republik Ceko juga menyerukan pengecualian mereka, sementara Swedia dan Inggris termasuk di antara tim yang menolak memainkan pertandingan dengan mereka.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

"FIFA telah mencatat posisi yang diungkapkan oleh asosiasi sepak bola Polandia, Republik Ceko dan Swedia dan telah membuka dialog dengan mereka," ucapnya.

 

#FIFA #Piala Dunia #Rusia #Ukraina