Rabu, 23 Februari 2022 11:25

Presiden Jokowi: Indonesia Dilingkari Cincin Api, Bencana adalah Keseharian Kita

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo. (Foto: Tangkapan layar video YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo. (Foto: Tangkapan layar video YouTube Sekretariat Presiden)

"Sebagai negara yang dilingkari oleh ring of fire cincin api dengan wilayah yang sangat luas, bencana merupakan keseharian kita," kata Jokowi.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang dilingkari ring of fire atau cincin api sehingga rawan terjadi bencana.

Jokowi menyampaikan hal itu saat menghadiri Pembukaan Rakornas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/2/2022).

"Sebagai negara yang dilingkari oleh ring of fire cincin api dengan wilayah yang sangat luas, bencana merupakan keseharian kita. Indonesia termasuk negara 35 negara yang paling rawan risiko bencana di dunia. Hampir setiap hari ada bencana di beberapa wilayah di negara kita Indonesia," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga : BNPB Imbau Warga Luwu Utara Tetap Waspada meskipun Banjir Surut

Kondisi ini memunculkan risiko yang sangat besar bagi Indonesia, baik dalam jumlah korban maupun kerugian material. Jokowi pun menekankan upaya penanggulangan bencana harus dilakukan secara terpadu dan sistematik.

"Dan rencana induk penanggulangan bencana tahun 2020--2044 harus dilaksanakan dengan penuh komitmen, penuh tanggung jawab. Semua tahapan harus dilaksanakan secara disiplin dan konsisten. Indonesia harus menjadi bangsa yang tangguh terhadap bencana," ucap Jokowi.

Jokowi juga meminta BNPB membangun sistem edukasi kebencanaan terutama di wilayah-wilayah yang rawan bencana. Dia menilai budaya sadar terhadap kebencanaan harus dimulai sejak dini dari setiap individu, keluarga, komunitas, sekolah hingga lingkungan masyrakat.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

"Gali berbagai kearifan lokal di masyarakat, latih masyarakat untuk tanggap menghadapi bencana. Lakukan latihan, simulasi setiap saat. Jangan menunggu sampai datang bencana," kata Jokowi. (*)

#Joko Widodo #BNPB