Selasa, 22 Februari 2022 09:13

Tanggapan Kemenkes Soal Aplikasi PeduliLindungi Hilang di App Store

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi.
Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi.

Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, memastikan aplikasi PeduliLindungi tidak hilang dari App Store, melainkan diubah status aplikasinya menjadi private.

RAKYATKU.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menanggapi soal aplikasi PeduliLindungi yang mendadak hilang dari Apple App Store dan ramai di sosial media Twitter. Warganet mengeluhkan hilangnya aplikasi PeduliLindungi selama kurang lebih sepekan.

Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan kejadian ini karena kesalahan teknis. Pihaknya pun telah berkomunikasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Apple.

"Kita ada masalah teknis sedang dikomunikasikan dengan Apple juga bersama Kominfo," ujar Nadia dikutip MNC Portal, Selasa (22/2/2022).

Baca Juga : Dalam Rangka Penguatan Industri Asuransi Kesehatan di Indonesia, OJK Siap Bersinergi dengan Kementerian Kesehatan

Nadia memastikan aplikasi PeduliLindungi tidak hilang dari App Store, melainkan diubah status aplikasinya menjadi private. Imbasnya, para pengguna Apple tidak dapat mengakses dengan melakukan pencarian di toko aplikasi Apple.

"Ini apps-nya jadi private. Jadi apps-nya tidak hilang, tapi tidak bisa di-search (di App Store)," jelasnya.

Hasil penelusuran, aplikasi PeduliLindungi masih dapat diakses bagi pengguna Android dan bisa diunduh melalui PlayStore. Bisa juga diunduh melalui website resmi pedulilindungi.id. (*)

#PeduliLindungi #Kementerian Kesehatan #App Store