Jumat, 18 Februari 2022 21:58

Puncak Perayaan Milad, Bupati Barru: Selamat atas Kiprah Enam Tahun Forkami

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Forum Kajian Mahasiswa Islam (Forkami) Kabupaten Barru merayakan miladnya yang keenam tahun.
Forum Kajian Mahasiswa Islam (Forkami) Kabupaten Barru merayakan miladnya yang keenam tahun.

"Selamat milad Forkami. Ayo maju terus bersinergi dan bersatu membangun masa depan bangsa," ujar Suardi Saleh.

RAKYATKU.COM, BARRU - Forum Kajian Mahasiswa Islam (Forkami) Kabupaten Barru merayakan miladnya yang keenam tahun. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru turut bahagia atas perayaan tersebut.

Forkami merupakan komunitas terorganisasi yang dibetuk pada 16 Februari 2016 di Mangkoso. Sebelum berubah nama, organisasi ini pernah bernama Forum Kajian Mahasantri DDI Mangkoso.

Organisasi ini diketahui telah mencetak ratusan kader dengan tujuan terbentuknya mahasiswa akademis, religius, humanis, berpikir kritis, dan bertindak demokratis berdasarkan nilai-nilai keislaman.

Baca Juga : Plt. Ketua TP PKK Barru Resmikan Gerakan Pangan Murah di Tanete Riaja

Pemkab Barru, yang memiliki visi misi bernapaskan keagamaan menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas kehadiran Forkami. Ini telah mempertegas bahwa citra Barru sebagai bumi para santri.

Bupati Barru, Suardi Saleh, ikut mengucapkan selamat milad untuk Forkami di puncak perayaannya, Jumat (18/2/2022).

"Selamat milad Forkami. Ayo maju terus bersinergi dan bersatu membangun masa depan bangsa," ujar Suardi yang berharap Forkami menjadi ruang totalitas dalam menjalankan peran sebagai mahasiswa.

Baca Juga : Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

Tak hanya berkiprah di Mangkoso yang berjuluk "Serambi Mesir", tetapipara mahasiswa diharapkan bermanfaat untuk Barru dan bangsa Indonesia.

Dalam rangkaian kegiatan miladnya, Ketua Umum Forkami, Usman bin Asse, menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemkab Barru.

Ia menyebutkan tema yang diangkat yakni kebenaran yang tidak terorganisasi akan dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisasi.

Baca Juga : Bupati Janji Umrah, Kafilah Barru Berlaga di MTQ XXXIII Sulsel Target Raih Prestasi

"Ada enam rangkaian milad keenam Forkami tahun 2022 ini, yakni launching website www.forkami.id, diskusi bersama, futsal bahagia, bakti sosial, dan pembentukan badan usaha organisasi," katanya.

"Yang lainnya, ada kegiatan seni, olahraga, dan badan pecinta alam, serta zikir dan doa bersama," sebutnya sembari berkomitmen tetap memperhatikan pembatasan keterlibatan masyarakat serta penegakan protokol kesehatan COVID-19 dalam tiap kegiatan.

Sekadar untuk diketahui, dalam perjalanannya organisasi Forkami sering melakukan kegiatan islami. Di antarannya, kajian rutin melakukan pembacaan surah Al-Kahfi dalam bentuk Kahfian secara live di Instagram @rekan_forkami serta terakhir melakukan seminar nasional pendidikan di Islamic Center, yang menghadirkan Hamdan Juhannis, pada Januari lalu.

Baca Juga : Jambore Pendidikan Barru Digelar di Kaki Gunung Nepo, Bupati Janji Akses Jalan Segera Diperbaiki

Cendikiawan Barru, Kamaruddin Hasan, dan Kabid Humas Pemkab Barru, Ardi Susanto adalah pembina organisasi mahasiswa intelektual ini. Selain itu, ada tokoh lain seperti, Muhaemin yang merupakan koordinator dewan pembina Forkami.

Organisasi kajian ini diinisiasi pendiriannya oleh pemilik aplikasi At Tausil, Rasyid Ridha, bersama lima rekannya sesama mahasantri DDI Mangkoso, Barru. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #Forkami Barru #suardi saleh