Selasa, 15 Februari 2022 11:47

Kehilangan Empat Jari Akibat Kecelakaan Kerja, Buruh di Karawang Justru Di-PHK

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, turun tangan. Ia mendatangi PT HRI untuk meminta keterangan secara akurat dan lebih detail.

RAKYATKU.COM - Seorang karyawan PT HRI di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, bernama Giri Pamungkas (27) terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) setelah mengalami kecelakaan kerja.

Giri kehilangan keempat jari tangannya setelah mengalami kecelakaan kerja PT HRI. Namun, setelah kejadian itu ia justru diberhentikan oleh perusahaan.

"Diputus kerja secara dipaksa dan diiming-imingi mau dipekerjakan kembali," kata Giri dikutip dari Detik.com, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga : Karyawan PT. Energi Sengkang Mengadu ke DPRD

Dua tahun setelah kejadian tersebut, Giri mengaku belum mendapat kejelasan dari pihak perusahaan tentang nasibnya. Ia mengaku kesulitan mendapat pekerjaan baru karena cacat permanen yang ia alami.

"Saya saat ini cacat dan sulit mendapatkan kerja sementara saya juga tulang punggung keluarga," ucapnya.

Berbagai upaya telah dia lakukan agar bisa kembali ke perusahaan yang dahulu. Salah satunya meminta bantuan ke serikat pekerja. Ia berharap pihak perusahaan bisa memiliki rasa kemanusiaan terhadap apa yang dialaminya.

Baca Juga : Pria Jatuh di Tangga dari Tempat Tidur, Pengadilan Putuskan Dapat Asuransi karena Dianggap Kecelakaan Kerja

"Saya berharap PT punya rasa kemanusiaan dan memberikan jaminan untuk kejelasan masa depan saya," kata dia.

Setelah kisah Giri viral di media sosial, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, turun tangan. Ia mendatangi PT HRI untuk meminta keterangan secara akurat dan lebih detail pada Senin (14/2/2022).

"Kami berdiskusi panjang lebar mengenai nasib GP. Saya yakin, GP adalah anak yang baik dan pekerja keras. Tidak ada maksud apa pun, selain ingin memperjuangkan nasib dan masa depannya," tulis Cellica di akun Instagram pribadinya.

Baca Juga : Kecelakaan Kerja PT Huadi; Disinyalir Tidak Miliki K3, LIRA Bantaeng Surat Kemnaker

Setelah berdialog dengan perusahaan, Cellica mengaku pihaknya dan perusahaan akan berkomitmen untuk mencari jalan keluar yang adil untuk Giri.

Perusahaan, kata dia, berjanji membuka dan mempertimbangkan semua opsi dan solusi untuk Giri melalui rapat teknis internal.

"Kendati demikian, saya secara pribadi berharap agar Giri bisa bekerja kembali dan diberi kesempatan mencari nafkah di perusahaan tersebut," ujarnya.

Baca Juga : Sudah Periksa 5 Saksi, Polres Bantaeng Belum Simpulkan Insiden Kecelakaan Kerja di PT Huadi Nickel Alloy Bantaeng

Sumber: Detik.com

#Kecelakaan Kerja #PHK