Selasa, 25 Januari 2022 15:34

Bupati Maros Chaidir Syam Bakal Luncurkan Program Bank Sampah di Tiap Desa

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Maros, Chaidir Syam.
Bupati Maros, Chaidir Syam.

“TPA (tempat pembuangan akhir) punya kita sudah sudah tak bisa menampung sampah yang semakin meningkat. Sudah overload. Makanya perlu ada perluasansekaligus memperbaikin manajemen persmpahan,” kata Chaidir Syam

MAROS - Untuk mengatasi keluhan warga terhadap fasilitas pembuangan sampah yang minim di pedesaan, Bupati Maros, AS Chaidir Syam, membuat terobosan baru, yakni mengadakan bank khusus sampah di setiap desa di Kabupaten Maros.

AS Chaidir Syam menjelaskan, terobosannya membuat bank sampah, yang rencana diluncurkannya pada Februari 2022, mendatang, karena persoalan sampah saat ini, sudah harus mendapat perhatian khusus.

“TPA (tempat pembuangan akhir) punya kita sudah sudah tak bisa menampung sampah yang semakin meningkat. Sudah overload. Makanya perlu ada perluasansekaligus memperbaikin manajemen persmpahan,” kata Chaidir Syam, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga : Pemkab Maros Raih Penghargaan Most Child Friendly Distric CNN Indonesia Awards

Karena kapasitas TPS sudah overload, Chaidir juga mengajak masyarakat untuk mengurangi produksi sampah dengan cara memilah-milah sampah yang baik.

Selain mengimbau warga, Chaidir juga mengaku sudah menyiapak rencana peluncuran Bank Sampah di tiap desa dan akan dilaksanakan pada Februari nanti.

“Pemkab juga akan menambah armada pengangkut sampah. Rencananya ada dua unit mobil tambahan tahun ini. Tahun sebelumnya, berjumlah empat unit. Jadi total armada sampah tahun ini sebanyak enam unit,” ujarnya.

Baca Juga : Bupati Maros Imbau Pemilik Kedai Tutup Siang Hari Selama Ramadan

Chaidir menuturkan, TPA Bontoramba yang ada di Kecamatan Mandai, Maros, seluas 6 hektare rencana juga akan diperluas 1 hingga 2 hektare. Proses perluasan, kata dia, saat ini sedang dalam proses negosiasi dan pembayaran.

Selain perluasan TPA Bontoramba, mantan Ketua DPRD Maros ini, juga menyampaikan rencana Pemkab akan membangun TPA Regional di Cemara (Kecamatan Camba, Mallawa dan Cenrana).

“Pemkab sudah merencanakan membangun TPA Regional untuk melayani sampah di tiga kecamatan, di Cemara,” pungkasnya.

Baca Juga : Bupati Maros Buka Bazar Murah Ramadan dan Festival UMKM Perseroda

 

#pemkab maros