Kamis, 03 Februari 2022 23:11

Kakanwil Kemenag Sulsel Launching Sipadu MAN 2 Kota Makassar

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kakanwil Kemenag Sulsel didampingi Kepala MAN 2 Kota Makassar Hj. Darmawati, countdown peresmian SIPADU disaksikan oleh para guru dan staf MAN 2 Kota Makassar.
Kakanwil Kemenag Sulsel didampingi Kepala MAN 2 Kota Makassar Hj. Darmawati, countdown peresmian SIPADU disaksikan oleh para guru dan staf MAN 2 Kota Makassar.

Sipadu merupakan aplikasi berbasis web artinya dapat dijalankan menggunakan web browser.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama ( Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel), H. Khaeroni secara resmi menekan layar tanda diluncurkannya pemakaian aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu (Sipadu) MAN 2 Kota Makassar, Kamis (3/2/2022).

Khaeroni sangat mengapresiasi pencapaian yang dilakukan oleh MAN 2 Makassar, terlebih komitmen kuat warga MAN 2 Makassar menjadikan satuan kerjanya sebagai salah satu kawasan Zona Integritas (ZI) di Kemenag Sulsel.

“Salah satu indikator ZI adalah adanya kemudahan dalam hal pelayanan, dan Sipadu ini sudah menjawab indikator tersebut,” ucap Khaeroni.

Baca Juga : Keppres Biaya Haji 2024 Terbit, Berikut Besaran Bipih Per Embarkasi

Khaeroni menekankan agar MAN 2 Makassar wajib berbenah menuju Madrasah Digital yang bertaraf Internasional, Madrasah ini harus menjadi Kiblat Pendidikan dan Pembelajaran bagi seluruh institusi pendidikan di Sulsel.

"Karena saat ini nama MAN 2 Kota Makassar sudah menjadi ikon Madrasah di Sulsel, pertahankan itu, jangan berhenti berinovasi,” ucap Kakanwil.

Bertempat di Aula PSBB MAN 2 Kota Makassar, Kakanwil Kemenag Sulsel didampingi Kepala MAN 2 Kota Makassar Hj. Darmawati, countdown peresmian SIPADU disaksikan oleh para guru dan staf MAN 2 Kota Makassar.

Baca Juga : Ribuan Orang Meninggal Akibat Gempa Maroko dan Banjir Libya, Kemenag Imbau Umat Islam Gelar Salat Gaib

Sipadu merupakan sebuah inovasi layanan yang dikembangkan oleh salah satu staf IT MAN 2 Kota Makassar, Muhammad Kamil Kuraisj, Sipadu merupakan aplikasi berbasis web artinya dapat dijalankan menggunakan web browser.

Sipadu untuk saat ini masih berupa aplikasi berbasis web, artinya hanya dapat dijalankan menggunakan browser. Harapannya nanti bisa dikembangkan ke arah aplikasi yg lebih kompleks misalnya mobile view atau jika memungkinkan ada versi android," ujar Kamil.

“Harapannya agar aplikasi tersebut bisa dioptimalkan dalam melakukan pelayanan dalam ruang lingkup MAN 2 Kota Makassar, baik itu untuk guru, pegawai siswa dan alumni khususnya untuk layanan yang dapat dilakukan full online,” tambah Kamil.

Baca Juga : 172.904 Jemaah Haji Indonesia telah Tiba di Tanah Air

Sipadu dapat diakses pada halaman http://sipadu.man2kotamakassar.sch.id/home.

Adapun alur kerja Sipadu:

1.Pemohon membuat akun Sipadu lalu login dengan akun yg telah dibuat.

Baca Juga : PPIH Kembali Ingatkan Jemaah Haji Indonesia Agar Tidak Berlebihan Selfie di Masjidil Haram

2.Pemohon melengkapi data dan mengunggah dokumen persyaratan.

3.Pemohon menunggu verifikasi berkas dari admin.

4.Apabila sudah diverifikasi pemohon bisa mencetak bukti pengajuan dan melihat progres dari layanan yang diajukan.

Baca Juga : Keberangkatan Jemaah Haji Banjarmasin Tertunda, Kemenag Protes Keras ke Garuda

Setelah layanan selesai pemohon akan mendapatkan info. Jika tersedia versi tanda tangan digital, maka pada menu status pengajuan akan diberikan token untuk dapat mengunduh dan mencetak sendiri surat/berkasnya.

#Kemenag #Sipadu