Kamis, 03 Februari 2022 16:09

Ini yang Bikin Bupati Jeneponto Bangga dengan Hasil Riset Bank Indonesia-LPPM Unhas

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ini yang Bikin Bupati Jeneponto Bangga dengan Hasil Riset Bank Indonesia-LPPM Unhas

Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar menyampaikan diseminasi hasil riset yang dilakukan Bank Indonesia dan LPPM Universitas Hasanuddin, perlu dibanggakan.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO -- Bupati Jeneponto Iksan Iskandar hadiri diseminasi joint research pembangunan inklusif Kabupaten Jeneponto diruang Pola Panrannuanta Kamis (3/2/2022).

Diseminasi hasil riset berjudul optimalisasi potensi daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan studi kasus Kabupaten Jeneponto diinisiasi oleh Bank Indonesia bersama LPPM Universitas Hasanuddin.

Diseminasi hasil riset tersebut diproyeksikan sebagai wujud sinergi dan kepedulian terhadap daerah kabupaten Jeneponto dalam hal meningkatkan daya saing serta potensi sumber daya alam yang ada.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Sebagai daerah multipotensi, daerah ini terdiri dari 11 Kecamatan dan 113 Desa/Kelurahan memiliki luas wilayah sekitar 749,79 Km2, berbatasan dengan Kabupaten Takalar, Gowa, Bantaeng dan Laut Flores dengan potensi sumber daya alam yang menjanjikan.

Di bagian pesisir terbentang laut dengan panjang garis pantai mencapai 114 kilometer. Garis pantai yang cukup panjang ini, mempunyai potensi produksi perikanan, kelautan, budi daya rumput laut dan industri garam.

Wilayah dataran rendah memiliki areal persawahan yang luas sektor pertanian, peternakan, home industri, perdagangan, energi dan potensi lainnya. Dan wilayah pegunungan Jeneponto punya potensi perkebunan, kopi, coklat, hortikultura, sayuran dan tanaman pangan.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

Belum lagi sektor industri dan energi terbarukan, selain telah terbangunnya PLTU Punagayya sebagai penyuplai sumber daya listrik terbesar di Sulawesi Selatan, kabupaten Jeneponto juga memiliki energi angin yang ditandai dengan hadirnya Pembangkit Listrik Tenaga Bayu-PLTB Tolo.

Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar menyampaikan diseminasi hasil riset yang dilakukan Bank Indonesia dan LPPM Universitas Hasanuddin, perlu dibanggakan.

"Kita bangga dengan adanya riset bersama yang nantinya dapat menjadi pedoman atau road maps dalam mengoptimalkan berbagai potensi daerah. Hasil dari kegiatan ini dapat menjadi pedoman untuk merumuskan kebijakan hasil berbasis riset," tutupnya. (*) 

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto #bank Indonesia #LPPM Unhas