Kamis, 27 Januari 2022 11:47

Kawasan Konsolidasi Kereta Api-Pelabuhan Garongkong Barru Segera Rampung

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peninjauan langsung lokasi kawasan konsolidasi kereta api yang terintegrasi dengan Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu (26/1/2022).
Peninjauan langsung lokasi kawasan konsolidasi kereta api yang terintegrasi dengan Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu (26/1/2022).

Hadirnya kereta api di Kabupaten Barru tentunya merupakan harapan besar urat nadi perekonomian. Apalagi, ke depannya akan terhubung dengan kawasan industri dan Pelabuhan Garongkong.

RAKYATKU.COM, BARRU - Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia, Zulmafendi, berkunjung ke Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, melihat progres pembangunan jalur kereta api, Rabu (26/1/2022).

Bupati Barru, Suardi Saleh, menyambut kehadiran Zulmafendi di rumah jabatannya. Suardi mengatakan, kehadiran Direktorat Perkeretaapian tentu membawa berkah bagi Barru.

Hadirnya kereta api di Barru tentunya merupakan harapan besar urat nadi perekonomian. Apalagi, ke depannya akan terhubung dengan kawasan industri dan Pelabuhan Garongkong.

Baca Juga : Pemkab Barru-USAID ERAT Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan

"Terkait agenda ini sesegera mungkin masalah perkereatapian terutama pembebasan lahan segera terselesaikan dengan baik sesuai harapan," ujar Suardi Saleh yang memulai narasinya dengan sambutan selamat datang kemudian menjelaskan selayang pandang tentang Barru.

Barru adalah salah satu kabupaten yang berada pada pesisir barat Provinsi Sulsel, dengan luas wilayah 1.174.72 kilometer persegi. Berjarak lebih kurang 100 kilometer sebelah utara Kota Makassar dan 50 kilometer sebelah selatan Kota Parepare dengan garis pantai sepanjang 78 kilometer.

Daerah yang terdiri atas 7 kecamatan, 15 kelurahan, dan 40 desa ini memiliki jumlah penduduk sebesar 173.683 jiwa.

Baca Juga : Jumlah Anak Tak Sekolah di Barru Tahun 2020 Setara Penduduk Dusun

"Keberadaan Pelabuhan Garongkong dirancang untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulawesi Selatan. Jika sekiranya progres perkeretapian ini tuntas, maka Barru ini akan lebih maju dan berkembang," kata Suardi Saleh yang juga menyampaikan permakluman akibat pandemi COVID-19 yang melanda dalam dua tahun terakhir dan berdampak sistemik pada sektor pemerintahan termasuk ekonomi.

Sponsored by MGID

Namun, dirinya yang diamanahkan menakhodai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru di periode keduanya, terus berupaya memberikan dorongan dan semangat agar Barru terus maju dan sejahtera.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulmafendi, menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Barru yang berkenan menerima kunjungannya.

Baca Juga : USAID ERAT Komitmen Ikut Tangani Stunting di Barru

Mengenai kondisi lahan yang masih bermasalah, Zulmafendi mengaku gembira karena selalu berkomunikasi untuk mencari solusi tiap persoalan.

"Khusus pengadaan lahan untuk kawasan konsolidasi kereta api yang terintegrasi dengan Pelabuhan Garongkong sekira lima hektare tinggal menunggu penyelesaian administrasinya saja," bebernya lalu menyebutkan bahwa hasilnya akan dilaporkan ke Menteri Perhubungan di Jakarta.

Setelah pertemuan di rumah jabatan bupati, dilanjutkan meninjau langsung lokasi kawasan konsolidasi kereta api yang terintegrasi dengan Pelabuhan Garongkong.

Baca Juga : Dahlan dan Kharisma, Putra-Putri Pariwisata Sulsel 2022 Pahlawan Barru

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Balai Perkeretapain Sulsel, Amanna Gappa, pihak pertanahan provinsi dan BPN Kabupaten Barru, Kapolres Barru, AKBP Liliek Tribhawono, Kejari Barru, Ardi Suryanto, Sekda Barru, Abustan A.B., kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barru, Camat Barru, Andi Hilmanida, dan Lurah Mangempang, Puja Setiawan, serta stakeholder terkait. (*)

#Pemkab Barru #suardi saleh #Kementerian Perhubungan #Kereta Api #Pelabuhan Garongkong