Sabtu, 22 Januari 2022 08:57

Truk Meledak Setelah Tabrakan dengan Sepeda Motor, 17 Orang Tewas dan 59 Terluka

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Truk yang membawa bahan peledak tersebut tengah dalam perjalanan ke tambang emas Chirano--dijalankan oleh Kinross yang berbasis di Toronto.

RAKYATKU.COM - Ledakan dahsyat terjadi di kota Ghana barat, Kamis (20/1/2022) waktu setempat. Ledakan itu muncul setelah sebuah truk yang membawa bahan peledak bertabrakan dengan sebuah sepeda motor. Sebanyak 17 orang tewas dan 59 terluka.

Truk yang membawa bahan peledak tersebut tengah dalam perjalanan ke tambang emas Chirano--dijalankan oleh Kinross yang berbasis di Toronto.

Seorang juru bicara Kinross telah mengonfirmasi insiden ini dan mengatakan hal tersebut terjadi di lokasi yang jaraknya 140 kilometer dari tambang.

Baca Juga : Mobil Penumpang Tabrak Truk Trailer di Tol Batang-Semarang, Tujuh Orang Tewas

Ledakan truk diketahui telah meninggalkan lubang besar di permukaan jalan dan menghancurkan lusinan bangunan.

Rekaman video yang beredar menunjukkan bagaimana penduduk setempat langsung bergegas menuju kobaran api dan asap hitam yang membubung tinggi setelah terjadi ledakan untuk memeriksa dampak kerusakan.

 

Sementara, para petugas penyelamat berusaha untuk membersihkan puing-puing untuk mencari korban selamat yang terperangkap dalam kehancuran.

Baca Juga : Kecelakaan Maut Terjadi di Bekasi, 11 Orang Tewas

"Total 17 orang sayangnya telah dikonfirmasi tewas dan 59 orang terluka telah diselamatkan,” kata Menteri Penerangan Ghana, Kojo Oppong Nkrumah, dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP, Sabtu (22/1/2022).

Sponsored by MGID

Nkrumah mengatakan, berdasarkan data awal penyebab ledakan adalah kecelakaan yang melibatkan truk yang mengangkut bahan peledak untuk sebuah perusahaan pertambangan, sepeda motor, dan kendaraan lainnya di dekat sebuah transformator listrik.

Nkrumah menyampaikan, dari 59 orang yang terluka, 42 orang di antaranya dirawat di rumah sakit atau pusat kesehatan. “Sayangnya beberapa dalam kondisi kritis," kata dia. (*)

#Ghana #Truk Meledak #kecelakaan maut