Kamis, 20 Januari 2022 17:50

Diinisiasi KSOP Parepare, Nelayan di Pinrang Dibagikan Sertifikat Pas Kecil dan Life Jacket

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ist
ist

Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh KSOP Parepare tersebut.

RAKYATKU.COM, PINRANG-Direktorat Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare membagikan sertifikat Pas Kecil kepada 104 kapal milik nelayan di Desa Lero, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, Kamis(20/1/2022)

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Kesyahbandaran Utama Makassar, Brigjen Hermanta mewakili Plt Dirjen perhubungan Laut Kementrian Perhubungan di kantor Desa Lero, yang disaksikan oleh Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid dan Kepala KSOP Parepare, Triono.

Hermanta dalam sambutannya mengatakan sertifikat Pas Kecil yang merupakan bukti kepemilikan kapal secara perdata sebagai bentuk perhatian pemerintah sebagai penyelenggara negara dalam memperhatikan kepentingan rakyat terutama nelayan.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

"Sertifikat ini bukti kepemilikan sama seperti BPKB motor jadi tidak ada lagi nanti ada kapal yang tertukar dan semua kapal-kapal dibawah GT 7 semua sudah terinventaris dan ini gratis, di sini ada 104 sertifikat dan tentunya sudah memenuhi kriteria yang dipersyaratkan," kata Hermanta.

Dalam penyerahan sertifikat Pas Kecil tersebut, pemilik kapal juga diberikan life jacket yang merupakan CSR dari sejumlah perusahaan pelayaran. Hal ini kata Hermanta untuk memberikan kesadaran kepada warga nelayan untuk mengutamakan keselamatan saat berlayar.

"Jadi ada paradigma dalam masyarakat kalau bawa life jacket berarti mengharapkan musibah, ini yang mau kita rubah, jangan life jacket disimpan di rumah namun dibawa dan dapat digunakan pada saat-saat berada dalam situasi berbahaya selama 2x24 jam," ucapnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh KSOP Parepare tersebut.

"Ini tentunya sangat kita apresiasi, apalagi sertifikat Pas Kecil ini gratis, ayo sampaikan terima kasih kepada bapak-bapak ini," kata Irwan saat memberikan sambutan.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #pemkab pinrang #KSOP Parepare