Selasa, 18 Januari 2022 23:33

Tahun 2022 Pemerintah Hanya Rekrut PPPK

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi )
Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi )

Untuk Seleksi CASN Tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK dan di tahun ini formasi untuk CPNS tidak tersedia.


RAKYATKU.COM, JAKARTA – Tahun 2022 ini pemerintah hanya akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal ini seperti disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.

“Untuk Seleksi CASN Tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK dan di tahun ini formasi untuk CPNS tidak tersedia. Untuk itu, berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2022 ini,” kata Menteri Tjahjo pada Selasa (18/1/2022) seperti dikulit dari menpan.go.id.

Keputusan pemerintah merekrut PPPK berkaca dari kebijakan beberapa negara maju. Jumlah pembuat kebijakan (PNS) lebih sedikit dan jumlah government worker/public services (PPPK) lebih banyak.

Baca Juga : Pakai Seragam Korpri Baru, 158 CPNS Formasi Tahun 2019 Resmi Dilantik Jadi PNS

“Mengacu kepada hal contoh baik tersebut, maka pemerintah Indonesia perlu mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh berbagai negara maju sebagai langkah memodernisasi birokrasi secara cepat,” lanjut Tjahjo.

Keputusan rekrutmen PPPK tahun tertuang dalam Surat Menteri PANRB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 tertanggal 27 Juli 2021 perihal Pengadaan ASN Tahun 2022. Adapun Seleksi CASN 2022 akan difokuskan untuk merekrut tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh.

Pemerintah saat ini tengah merumuskan berbagai kebijakan sebagai dasar pelaksanaan dari Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2022.

Baca Juga : 239 CPNS Pemkab Gowa Kantongi SK

Pertimbangan lain untuk tidak membuka formasi CPNS pada Seleksi CASN 2022 adalah mengenai keterbatasan waktu. Seleksi CPNS relatif membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan PPPK, sehingga dikhawatirkan tidak akan selesai tepat waktu jika membuka formasi CPNS pada tahun ini.

#CPNS #PPPK #KemenPAN RB