Senin, 17 Januari 2022 23:55

Hasil PBB 2021 Meningkat, Bupati Barru Serahkan Insentif ke Kolektor

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh menyerahkan insentif kepada kolektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pembayar pajak terbaik di Baruga Singkeru Ada'E, Rujab Bupati, Senin (17/1/2022).
Bupati Barru, Suardi Saleh menyerahkan insentif kepada kolektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pembayar pajak terbaik di Baruga Singkeru Ada'E, Rujab Bupati, Senin (17/1/2022).

PBB-P2 masih dapat meningkat jauh lebih besar di tahun-tahun mendatang apabila semua pihak berkomitmen untuk melakukan upaya nyata lewat pemutakhiran data.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh menyerahkan insentif kepada kolektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pembayar pajak terbaik di Baruga Singkeru Ada'E, Rujab Bupati, Senin (17/1/2022).

Penyerahan ini dirangkaikan dengan Sosialisasi Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) tahun 2022. Acara di selenggarakan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Barru.

 

Suardi Saleh mengawali sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada para pembina kolektor serta pembantu kolektor yang telah bekerja dan berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui PBB.

Baca Juga : Bupati Barru Raih Penghargaan Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat di Baznas Awards

"Alhamdulillah, berkat sinergi Bapenda dengan pemerintah Desa/Kelurahan, kecamatan sampai kabupaten serta kesadaran masyarakat yang telah memenuhi kewajibannya sehingga penerimaan PBB selama tahun 2021 mencapai 5.146.592.067,00 atau 93,57% dari target 5.500.000 dan mengalami peningkatan dari tahun 2020 sebesar 4.892.275.357," jelas Suardi.

Insentif yang diberikan berdasarkan Peraturan Bupati No.7 tahun 2012 tentang Pedoman pemberian insentif pemungutan pajak daerah merupakan hasil kinerja yang baik selama ini. Dirinya berharap akan meningkat di tahun yang akan datang.

Bupati juga menyampaikan bahwa PBB-P2 masih dapat meningkat jauh lebih besar di tahun-tahun mendatang apabila semua pihak berkomitmen untuk melakukan upaya nyata lewat pemutakhiran data.

Baca Juga : Bupati Barru Pantau Pemungutan Suara Ulang di TPS 1 Lawampang

Plt Kepala Bapenda, Ushuluddin yang juga Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Ekonomi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak karena selama tahun 2021 capaian target PBB meningkat dari tahun sebelumnya.

Lewat sosialisasi yang terus diberikan dapat memberikan pemahaman tetang pentingnya PBB sebagai sumber PAD kepada Pembina kolektor, kolektor dan pembantu kolektor dapat mengingatkan masyarakat untuk pembayaran PBB tepat waktu.

"Alhamdulillah Bapenda belum lama ini meluncurkan sebuah inovasi dengan kerjasama Bank Sulselbar untuk pembayaran PBB dapat melalui aplikasi android. Bisa juga dilakukan pembayaranan melalui ATM bank Sulselbar," bebernya.

Baca Juga : Karnaval PAUD Ceria Meriahkan Semarak HUT Ke-64 Barru

Turut hadir dalam kegiatan ini, Andi Syukur Makkawaru, Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik, Para Camat, Lurah Kepala Desa dan Kepala Dusun serta Kepala Lingkungan, kolektor dan pembantu kolektor se-Kabupaten Barru.

 

Penulis : Achmad Afandy
#Bupati Barru #Pemda Barru #suardi saleh