Sabtu, 15 Januari 2022 23:31

Pacu Penelitian dan Pengabdian, FKIP UIM Bersama BRIN Gelar Seminar Proposal Penelitian

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ist
ist

"Oleh sebab itu, kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi dosen dan mahasiswa untuk terus bersemangat menulis proposal penelitian," kata Badruddin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM) menggelar seminar proposal penelitian bertajuk Pemetaan Potensi Talenta Peserta Didik SMA/SMK/MA Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang digelar secara luring dan daring, Sabtu (15/1/ 2022) di Auditorium KH. Muhyiddin M Zain UIM.

Supriadi selaku ketua panitia melaporkan bahwa kegiatan ini di laksanakan sebagai salah satu upaya memacu civitas akademika FKIP UIM khususnya mahasiswa dalam mencapai target penelitian dan pengabdian yang berkolaborasi dengan mitra dengan mengikutsertakan mahasiswa serta alumni.

Baca Juga : Gelar Ramah-tamah dan Lepas 103 Orang Alumninya, Ini Harapan Dekan FKIP UIM

Dekan FKIP UIM Badruddin Kaddas, mengemukakan bahwa FKIP UIM dalam tiga tahun terakhir telah memeroleh berbagai capaian yang membanggakan di tingkat regional maupun di tingkat nasional.

Salah satunya adalah pada bidang penelitian dan pengabdian, dimana puluhan dosen FKIP UIM telah meloloskan proposal penelitian dan pengabdiannya di tingkat nasional untuk mendapatkan hibah bantuan dana yang luaranya telah memiliki HKI (Hak Kekayaan Intelektual), telah dibukukan dalam buku ber ISBN, dan dipublikasikan di lembaga jurnal terindeks SINTA, scopus.

 

"Oleh sebab itu, kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi dosen dan mahasiswa untuk terus bersemangat menulis proposal penelitian," kata Badruddin.

Baca Juga : Prodi PGSD dan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UIM Gelar Lokakarya MBKM

Selain itu kata Badruddin, kegiatan ini dijadikan sebagai pembekalan kepada mahasiswa untuk menyusun skripsi dan memberikan pembekalan kepada mahasiswa sebelum mengimplementasikan program riset Merdeka Belajar Kampus Merdeka baik yang diinisiasi oleh Kemdikbudristek maupun secara mandiri oleh FKIP UIM.

Sponsored by MGID

Sekertaris LPPM UIM yang mewakili ketua Syamsul Rahman, sebelum membuka seminar menyampaikan bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan seminar proposal penelitian ini sebab melalui kegiatan ini akan memacu kita semua dalam menulis.

Selain itu, ia mengemukakan bahwa sejauh ini FKIP UIM telah memberi kontribusi besar kepada UIM dalam memajukan penelitian dan pengabdian UIM sehingga sekarang naik peringkat dari mandiri menjadi madya.

Baca Juga : Sambut Mahasiswa Baru, Dekan FKIP UIM: Kuliah FKIP UIM Pilihan Tepat

"Tentu kita berharap ke depan FKIP UIM terus mengembangkan diri dan berinovasi untuk menulis proposal untuk mengharumkan nama baik UIM di tingkat nasional maupun internasional," ujarnya.

Baso Marannu selaku peneliti BRIN & Tim Dosen FKIP UIM dalam materinya menyampaikan bahwa Penelitian yang baik itu adalah penelitian yang memberikan daya pikat pembaca, menginspirasi untuk mempelajarinya, mudah dibaca dan dimengerti, dan mampu memberikan kreasi yang lebih bermanfaat.

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa potensi talenta dibeberapa perusahaan atau lembaga sudah lama diterapkan, terutama untuk mengetahui secara mendalam potensi bakat sumber daya yang dimiliki secara individu, tentu harapannya agar perusahaan dapat berjalan sesuai dengan visi dan misinya sekaligus didukung oleh karyawan yang mumpuni.

Baca Juga : FKIP UIM Gelar Webinar Nasional Persiapan Pembelajaran Memasuki Era New Normal

Ashar Dede Saputra mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris dan Sahrul Ramadhan mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UIM sebagai salah seorang peserta dalam acara ini menyampaikan sangat beruntung mengikuti kegiatan ini karena banyak ilmu yang bisa diperoleh khususnya terkait tentang penelitian.

Ia kemudian berharap agar segera dibentuk kelompok untuk melakukan penelitian agar bisa merealisasikan ilmu yang telah diperoleh hari ini.

#FKIP UIM