Rabu, 05 Januari 2022 19:33

Alasan Joop Gall Terima Pinangan PSM Makassar

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelatih PSM Makassar, Joop Gall di Lapangan Bosowa Sport Center, Jalan Teuku Umar, Makassar, Rabu (5/1/2022). (Foto: Usman Pala/Rakyatku.com)
Pelatih PSM Makassar, Joop Gall di Lapangan Bosowa Sport Center, Jalan Teuku Umar, Makassar, Rabu (5/1/2022). (Foto: Usman Pala/Rakyatku.com)

Joop Gall mengatakan bahwa ia sudah lama mengikuti sepak bola Indonesia bahkan ia juga punya paman orang Indonesia.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR--Pelatih baru PSM Makassar, Joop Gall mengungkap alasannya menerima pinangan manajemen PSM untuk melatih Pasukan Ramang.

Joop Gall mengatakan bahwa ia sudah lama mengikuti sepak bola Indonesia bahkan ia juga punya paman orang Indonesia.

"Jadi ibaratnya sesuatu hal tentang Indonesia itu bukan hal yang baru buat saya, ada dalam dirinya saya,"kata Joop Gall di Lapangan Bosowa Sport Center, Jalan Teuku Umar, Makassar, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga : PSM Makassar Masuk Final AFC Cup 2022, Ini Kata Gubernur Andi Sudirman

Dan untuk PSM, Joop Gall mengatakan bahwa ia sudah mencari tahu tentang PSM dua tahun yang lalu, berawal ketika ia sempat digoda di media Indonesia dan ada temannya yang mengirim foto jika dirinya ditunjuk untuk melatih klub ini namun itu tidak terjadi.

"Saya sempat mencari tahu tentang PSM Makassar, klub ini sudah berumur 100 tahun lebih, sebuah kehormatan untuk dapat melatih klub seperti ini,"ujar pelatih asal Belanda ini.

 

Pelatih 58 tahun itu menambakan dengan usia PSM sekitar 100 tahun lebih tentunya ada kultur dan ada budaya didalam klub ini sehingga ia mengatakan siapa yang tidak mau berada didalam PSM Makassar.

Baca Juga : Diundang Saksikan PSM Makassar Vs Kedah FC, Taufan Pawe Doakan Pasukan Ramang Berjaya di AFC Cup

"Di PSM Makassar ada budaya dan daya tarik tersendiri, makanya siapa yang tidak tergoda untuk melatih klub seperti ini,"tuturnya.

Sponsored by MGID

Sebelum menangani PSM, Joop Gall mulai meniti karir kepelatihannya bersama tim amatir kasta bawah Liga Belanda asal Kota Groningen, VV De Vogels. 

Kemudian sebagai asisten pelatih di mantan klubnya FC Groningen 2000 sampai 2005. Setelah itu ia ditunjuk sebagai pelatih kepala di SC Veendam sejak tahun 2005 hingga tahun 2011. 

Baca Juga : PSM Makassar Lolos ke Final AFC Cup Zona ASEAN, Ini Calon Lawannya

Joop kemudian hijrah lagi ke klub lainnya, Go Ahead Eagles pada musim 2011. Kemudian ia berlabuh ke FC Emmen pada tahun 2012 dan pada tahun 2016 bersama Stal Kamianske klub liga Ukraina.

Setelah itu pada tahun 2017 menjadi arsitek tim Liga 3 Belanda, Spakenburg. Terakhir dirinya menjadi asisten klub Liga 1 China, Guangzhou City. 

#PSM Makassar #Joop Gall