Rabu, 05 Januari 2022 11:17

Rektor UMI Prof Basri Bangga Sosok Taufan Pawe atas Kesuksesan Memimpin Parepare

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (tengah).
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (tengah).

Bagi Prof. Basri Modding, Taufan Pawe yang merupakan alumni Fakultas Hukum (FH) angkatan 1983 itu telah berhasil membawa perubahan signifikan Kota Parepare, baik dari segi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI), Prof. Basri Modding, mengapresiasi sosok Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP).

Basri mengaku, dalam berbagai kesempatan, dirinya selalu menyebut TP sebagai salah satu alumni UMI yang paling berprestasi.

Sebagai Wali Kota Parepare dua periode, Basri menyebut TP telah sukses menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Baginya, TP yang merupakan alumni Fakultas Hukum (FH) angkatan 1983 itu telah berhasil membawa perubahan signifikan Kota Parepare, baik dari segi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kita selalu mendukung jika ada alumni kita yang berprestasi seperti Pak TP ini. Dan kita selalu bangga dengan apa yang telah dicapai beliau dengan kemajuan Kota Parepare," katanya usai Rapat Senat Fakultas Hukum UMI, Selasa (4/1/2022).

Dirinya meminta, TP untuk tidak berhenti dalam pengabdiannya kepada masyarakat.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

"Masyarakat Sulsel harus tahu jika ada pemimpin seperti Pak TP ini. Bagaimana Pak TP membentuk pelayanan publik dan program-program yang semuanya demi kepentingan masyarakat. Ini baru pemimpin yang harus terus diekspos," bebernya.

Sementara, Guru Besar FH UMI, Prof. Hambali Thalib, mengaku sangat mengetahui track record dari seorang TP. Mulai dari menjadi seorang mahasiswa di Fakultas Hukum UMI, laywer, sampai menjadi orang nomor satu di Kota Parepare. Dirinya tak heran TP menjadi salah satu kepala daerah tersukses di Sulsel dengan perolehan 204 penghargaan.

"Tentu kalau kita lihat keberhasilan beliau dari periode pertama kemudian periode kedua bukan hanya fisik yang dilihat di Parepare, tapi juga dengan penghargaan sebagai prasyarat bukti bahwa mereka berhasil," ungkap Hambali.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

Prestasi demi prestasi itu diharapkan dapat dikembangkan di wilayah yang lebih luas seperti Sulsel. Meskipun kompetisi tersebut masih amat panjang, tetapi track record seorang TP sudah menjadi acuan untuk dikembangkan di daerah lainnya.

"Keberhasilan beliau sebagai alumni dan generasi muda tidak berhenti disitu saja, ada amanah yang lebih besar lagi katakanlah bersaing dalam politik skala besar katakanlah skala Sulawesi Selatan," harapnya.

Bagi Hambali, kunci kesuksesan TP tak lepas dari latar belakangnya sebagai profesional hukum. Untuk itu dirinya mengapresiasi
tiga pondasi dasar penyelenggaraan pemerintahan yang baik yang diterapkan TP. Yaitu taat administrasi, taat asas dan taat anggaran.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Managemen RSUD Andi Makkasau Tanam Puluhan Batang Pohon

"Saya setuju mereka menjunjung tinggi tiga asas pertama komitmen dengan asas, bekerja dengan komitmen asas kedua menjaga porsi anggaran dan taat koordinasi. Kunci kesuksesan adalah bagaimana taat asas, taat koordinasi dan taat pengelolaan anggaran, itu yang penting," tuturnya. (rls)

#Pemkot Parepare #taufan pawe #FH UMI