Sabtu, 01 Januari 2022 13:48

PT Semen Tonasa Pasang PLTS 10 kWp di Pabrik Tonasa 5

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Proyek instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 10 kWp di area Pabrik Tonasa 5.
Proyek instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 10 kWp di area Pabrik Tonasa 5.

Ini merupakan bentuk komitmen PT Semen Tonasa sebagai bagian dari PT Semen Indonesia terhadap lingkungan melalui berbagai inovasi dalam teknologi produksinya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Semen Tonasa telah menyelesaikan proyek instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 10 kWp di area Pabrik Tonasa 5.

Proyek ini dilakukan untuk mendukung program sustainability yang dicanangkan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) sebagai holding, terkait penggunaan energi baru dan terbarukan melalui solar panel atau PLTS dalam proses produksi semen di seluruh anak perusahaannya.

Direktur Utama PT Semen Tonasa, Mufti Arimurti, dalam rilis yang diterima Rakyatku.com, Sabtu (1/1/2022), mengatakan bahwa fasilitas solar panel atau PLTS ini akan menjadi business critical asset untuk pajak karbon serta peran aktif perusahaan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

Baca Juga : PT Semen Tonasa Kembali Berikan Dukungan Pemberdayaan Masyarakat di Pangkep

Sementara itu, Direktur Produksi PT Semen Tonasa, Bambang Haryanto, menyebutkan bahwa proyek ini dilaksanakan selama tiga bulan, mulai Oktober hingga Desember 2021.

Survei awal area instalasi di Unit Packer 5 dilaksanakan pada Oktober 2021, proses pengadaan pada Oktober--November 2021, dan pengerjaan instalasi dilakukan pada pekan kedua Desember 2021 serta mulai beroperasi pada pekan ketiga Desember 2021.

Di tempat terpisah, GM Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa, Said Chalik, menyatakan bahwa instalasi PLTS ini merupakan bentuk komitmen PT Semen Tonasa sebagai bagian dari SIG terhadap lingkungan melalui berbagai inovasi dalam teknologi produksinya.

Baca Juga : Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerhati Lingkungan hingga Pelajar Bersihkan Pantai Bersama PT Semen Tonasa

Di PT Semen Tonasa, pembangunan PLTS kapasitas 10 kWp ini diinstal di area Packer Tonasa 5. Dengan skema on grid dan terintegrasi ke jaringan listrik low voltage 380 VAC Unit Packer Tonasa 5. (*)

#PT Semen Tonasa #PT Semen Indonesia