Rabu, 29 Desember 2021 16:28

Pemkab Jeneponto Teken MoU dengan Litbang SDM Kemenkominfo Sulsel

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkab Jeneponto Teken MoU dengan Litbang SDM Kemenkominfo Sulsel

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memberikan apresiasi kepada Kementerian Kominfo karena telah menjalin kemitraan dengan menghadirkan program pelatihan informasi teknologi (IT) bagi masyarakat Kabupaten Jeneponto.

RAKYATKU.COM,JENEPONTO -- Pemerintah Kabupaten Jeneponto menerima kunjungan kerja Balai Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo di ruang kerjanya, Rabu (29/12/2021).

Kepala Balai Badan Litbang Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Kominfo Sulawesi Selatan Dr Hary Budianto beserta rombongan tiba pada pukul 09.00 wita dan disambut langsung Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar.

Pada kesempatan itu, hadir Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Manrancai Sally; Kepala Dinas Ketenagakerjaan Edy Irate; Kadis Kominfo Syamsi Lili; Kepala Bidang Aplikasi Agus Sijaya; dan Kepala Bidang Humas, Mansur Rahman.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Kunjungan Kepala Balai Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Sulawesi Selatan Dr Hary Budianto beserta rombongan adalah untuk penandatanganan nota kesepakatan sinergi (MoU) Academy Digital Talent Scholarship (DTS).

Dr Hary Budianto menjelaskan, kegiatan Academy Digital Talent Scholarship (DTS) bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas tenaga kerja agar terampil di bidang IT sesuai dengan kebutuhan industri.

Menurutnya, bahwa pangsa pasar TIK pada masa pandemi diyakini masih tetap kuat dibandingkan dengan sektor lainnya karena semakin banyaknya penggunaan perangkat TIK dan internet terutama dalam penerapan physical distancing.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

Hal inilah yang mendorong sektor TIK masih dapat berkembang pada masa pandemi.

Kata dia, bahwa setelah melewati proses penjajakan, Kabupaten Jeneponto terpilih menjadi daerah yang akan ditempati sebagai lokasi pelatihan dengan target 10.000 orang peserta.

"Hari ini kita telah membuat sejarah, penandatanganan MoU. Jeneponto adalah daerah yang mempunyai potensi dan stakeholder yang siap untuk melaksanakan kegiatan pelatihan ini," terangnya.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memberikan apresiasi kepada Kementerian Kominfo karena telah menjalin kemitraan dengan menghadirkan program pelatihan informasi teknologi (IT) bagi masyarakat Kabupaten Jeneponto.

Mantan Sekda Jeneponto ini, menambahkan bahwa pelatihan IT yang digagas Kementerian Kominfo senapas dengan visi pemerintah yaitu peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Terima kasih karena telah berupaya mencerdaskan anak bangsa. Apalagi dengan melihat persaingan ke depan yang menuntut masyarakat kita memiliki kompetensi di bidang IT," ujarnya.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Melantik Pejabat Struktural

Bupati dua periode ini berharap agar pelatihan yang akan dimulai pada Januari mendatang dapat berjalan sesuai rencana sehingga 10 ribu talenta yang terlibat aktif nantinya dapat mandiri dan berdaya saing di bidang IT.

"Tidak ada kata yang lebih pantas saya ucapkan selain terima kasih. Kita semua berharap pelatihan ini mampu menghadirkan talenta-talenta digital di Jeneponto di masa yang akan datang," harapnya.

 

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto #iksan iskandar