Senin, 27 Desember 2021 22:01

Alhamdulillah, Capaian Vaksinasi di Wajo Sudah Lewati 70 Persen

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Alhamdulillah, Capaian Vaksinasi di Wajo Sudah Lewati 70 Persen

Sesuai data manual yang terinput hingga Senin sore (27/12/2021), angkanya sudah tembus 70,96 persen atau 213.471 orang untuk dosis pertama.

RAKYATKU.COM,WAJO - Alhamdulillah! Kabupaten Wajo berhasil mencapai target minimal 70 persen vaksinasi COVID-19.

Sesuai data manual yang terinput hingga Senin (27/12/2021) sore, angkanya sudah tembus 70,96 persen atau 213.471 orang untuk dosis pertama.

Data ini memang agak berbeda dengan data yang dimunculkan pada tabulasi dan dashboard Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) yang masih di angka 67,55 persen.

Baca Juga : Penjabat Bupati Wajo Kunjungi RSUD Lamaddukelleng Sengkang

Atas capaian itu, Bupati Wajo, Amran Mahmud kembali menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Forkopimda, kepala OPD, TNI, Polri, camat, kepala desa, lurah, organisasi, kelompok dan khususnya para tenaga kesehatan serta seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk mencapai target tersebut.

Namun, karena masih ada perbedaan data antara data manual dan data di KPCPEN, Amran meminta kepada semua pihak agar tetap memaksimalkan vaksinasi.

"Data yang terbaca dan diakui di pusat adalah data di KPCPEN, sehingga meskipun di data manual kita sudah mencapai target, namun kita harus capai juga 70 persen plus 1 di data KPCPEN hingga akhir Desember 2021 mendatang," tutur Amran.

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023 Bersama Pj Bupati

Meski secara manual telah melewati target 70 persen di akhir tahun 2021 sesuai instruksi pemerintah pusat, namun Pemkab Wajo bersama jajaran kepolisian, TNI, tenaga kesehatan hingga berbagai elemen tak mengendorkan pelaksanaan vaksinasi.

Termasuk dalam waktu dekat akan kembali melakukan vaksinasi massal yang digelar di Kecamatan Bola. Begitu pula, sejumlah Puskesmas tetap menjadwalkan di beberapa lokasi kegiatan vaksinasi.

Selain itu, guna memaksimalkan penginputan, Bupati Wajo sudah menginstruksikan OPD untuk membantu memasukkan ke aplikasi yang dipusatkan di kantor BKPSDM selama beberapa hari terakhir.

Baca Juga : Bersama Pj Bupati dan Forkopimda Kabupaten Wajo Tanam dan Panen Perdana Cabai di Majauleng

“Juga kepada kepala OPD yang telah ditunjuk untuk bertanggung jawab memantau penginputan masing-masing Puskesmas agar aktif berkoordinasi dengan pihak puskemas," imbaunya.

Melihat perjuangan dan usaha keras dari semua pihak, Amran Mahmud mengaku sangat yakin bisa mencapai 70 persen plus 1 di data KPCPEN. Apalagi selisihnya sisa 2,45 persen dan masih ada waktu lima hari sebelum masuk 2022.

"Tanggal 29 lusa juga masih ada vaksinasi massal di Telaga Biru, Desa Lempong. Ini tentu kita harapkan untuk dimaksimalkan capaiannya. Ditambah dari capaian puskemas lainnya. Sekali lagi kita sangat optimis,” pungkasnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#vaksinasi covid-19 #pemkab wajo