Senin, 27 Desember 2021 16:52

Shin Tae-yong Kecewa, Asnawi Mangkualam Terancam Ditendang dari Timnas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Aksi Asnawi Mangkualam kepada Faris Ramli yang banyak menyita perhatian. (Foto: AFF Suzuki Cup).
Aksi Asnawi Mangkualam kepada Faris Ramli yang banyak menyita perhatian. (Foto: AFF Suzuki Cup).

"Setelah makan siang, saya menegur Asnawi dan mengatakan, 'Jika itu terjadi lagi selama saya masih menjadi pelatih, jangan pernah berharap datang ke timnas'," tegas Shin Tae-yong.

RAKYATKU.COM - Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan peringatan keras kepada salah satu pemainnya, Asnawi Mangkualam. Itu terkait aksi provokasi Asnawi saat melawan Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021).

Asnawi saat itu menghampiri Faris Ramli yang gagal mengeksekusi tendangan penalti jelang akhir laga. Andai penalti itu berbuah gol, Singapura sangat mungkin menyisihkan Indonesia dengan skor 3-2.

Namun, kegagalannya membuat skor tetap imbang 2-2, yang kemudian berhasil dimenangi Indonesia 4-2 lewat babak tambahan.

Baca Juga : Jadwal Lengkap Timnas Indonesia pada Piala AFF U-23 2022

Asnawi usai kegagalan tendangan usai kegagalan tendangan penalti, langsung menghampiri Faris dan diduga mengucapkan ledekan dengan mengucapkan 'thank you' atau terima kasih.

"Saya tidak tahu ada aksi itu saat masih di stadion, tetapi saya terkejut setelah melihat video tayangan ulang," kata Shin Tae-yong dikutip dari media Korea, Joongang, Senin (27/12/2021).

 

Dia pun menyampaikan teguran langsung kepada Asnawi. Sang pemain terancam akan ditendang dari timnas akan mengulangi aksinya itu. "Setelah makan siang, saya menegur Asnawi dan mengatakan, 'Jika itu terjadi lagi selama saya masih menjadi pelatih, jangan pernah berharap datang ke timnas'," tegasnya.

Baca Juga : Sandy Walsh dan Jordi Amat Kian Dekat Bela Timnas Indonesia, Dokumennya Sudah Dikirim ke PSSI

Pelatih asal Korea Selatan itu memang termasuk pelatih yang menjunjung tinggi fair play. Saat laga melawan Singapura, dia juga terlibat ketegangan dengan kubu lawan. Itu akibat pemain lawan yang merayakan gol di depan bench Indonesia.

Sponsored by MGID

Dia pun secara tersirat menyampaikan kekecewaan atas sikap Asnawi kepada Faris. "Semua pemain di lapangan adalah rekan kerja, betapa hancur perasaannya setelah gagal mencetak gol penalti. Sesuatu yang tidak diterima juga buat pemain merayakan gol di depan bench lawan. Asnawi sudah berjanji ke saya untuk tak melakukannya lagi," tuturnya.

#Shin Tae-yong #Asnawi Mangkualam #Timnas Indonesia #Piala AFF 2020