Selasa, 21 Desember 2021 17:02

Berkunjung ke Wisma Kalla, Mahasiswa ITB Kalla Belajar Digital Marketing

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Berkunjung ke Wisma Kalla, Mahasiswa ITB Kalla Belajar Digital Marketing

Marketing digital juga tetap harus dibarengi sentuhan manusia.

RAKYATKU.COM -- Mahasiswa tingkat akhir Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla bersama dosen kewirausahaan Andi Tenri Pada melakukan kunjungan ke perusahaan Kalla Group, Jumat (17/12/2021) di Wisma Kalla Lantai 13.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari aktivitas perkuliahan mahasiswa di ITB Kalla dengan tujuan membekali mahasiswa dalam memasuki dunia bisnis atau professional, Senin (20/12/2021).

Dalam kunjungannya, mahasiswa diajarkan tentang Digital Marketing dari Divisi Marketing And Business Development Kalla Group oleh Digital Media Senior Analyst Ayu Mashari Amelia dan Digital Media Senior Analyst Muhammad Fachrul Razi.

Baca Juga : Institut Teknologi dan Bisnis Kalla Menangkan Hibah Penelitian dan Pengabdian 2023

Andi Tenri Pada yang juga merupakan ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ITB Kalla mengatakan bahwa mahasiswa sebenarnya sudah dibekali materi tentang digital marketing di kampus. Tetapi sangat penting juga jika mendapatkan materi dari praktisi secara langsung.

“Kegiatan kunjungan ke perusahaan ini sebenarnya sudah menjadi kurikulum dalam proses perkuliahan di ITB Kalla. Apalagi kami Institutsi Pendidikan yang lahir di tengah tengah perusahaan besar yaitu Kalla Group," katanya.

"Maka sangat penting bagi mahasiswa selain mendapatkan materi di dalam kelas, juga mereka mendapatkan materi di luar kelas baik itu materi dari praktisi ataupun praktik langsung di lapangan. Ke depannya tidak hanya Kalla Group, tapi kami akan jajaki perusahaan-perusahaan lain agar pengetahuan mahasiswa bisa jauh lebih luas tentang bisnis," lanjutnya.

Baca Juga : ITB Kalla Resmi Dirikan Lembaga Pusat Karir

Dalam materinya, Ayu Mashari Amelia mengungkapkan, walapun marketing dilakukan melalui digital, tetap ada sentuhan manusia di dalamnya.

“Digital marketing itu sangat penting di era saat ini. Tetapi juga kita tidak bisa tinggalkan marketing konvensional. Namun yang perlu teman-teman perhatikan dalam digital marketing adalah sentuhan manusia," kata dia.

"Jadi, walaupun media digital yang kami gunakan adalah media perusahaan, kami tetap memberikan tanggapan di setiap ativitas akun seperti membalas komentar netizen di kolom komentar ataupun membalas DM," lanjutnya.

Baca Juga : Kalahkan Ratusan Peserta, Mahasiswi ITB Kalla Juara Sains Ekonomi Tingkat Nasional

"Hal itu kami lakukan agar interaksi pada media digital perusahaan tetap mendapatkan sentuhan manusia di dalamnya dan itu sejalan dengan nilai perusahaan yaitu apresiasi pelanggan," jelas Ayu.

Selama materi berlangsung, mahasiswa tampak antusias dalam menggali digital marketing dan aplikasinya di lapangan.

Pemaparan materi berlangsung selama 3 jam yang ditutup dengan foto bersama dan penyerahan suvenir kepada mahasiswa.

Penulis : Lisa Emilda
#Institut Teknologi dan Bisnis Kalla