Selasa, 21 Desember 2021 15:02

Serahkan Sertifikat Tanah, Wabup Jeneponto: Kalau Dijaminkan Jangan untuk Konsumtif

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Serahkan Sertifikat Tanah, Wabup Jeneponto: Kalau Dijaminkan Jangan untuk Konsumtif

Sebanyak 2.795 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang telah selesai proses administrasinya dan kemudian diserahkan kepada masyarakat hari ini.

RAKYATKU.COM,JENEPONTO -- Wakil Bupati Jeneponto H Paris Yasir menghadiri acara penyerahan sertifikat tanah gratis untuk rakyat di kantor Desa Palajau, Kecamatan Arungkeke, Selasa (21/12/2021).

Penyerahan sertifikat tanah gratis untuk rakyat yang diinisisasi Kantor Pertanahan Kabupaten Jeneponto dimaksudkan sebagai langkah strategis untuk memberikan jaminan kepemilikan tanah masyarakat.

Sebanyak 2.795 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang telah selesai proses administrasinya dan kemudian diserahkan kepada masyarakat hari ini.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Penyerahan dilakukan secara simbolis Wakil Bupati H Paris Yasir bersama Kepala Kantor pertanahan Irvan Tamrin didampingi ketua adjudikasi PTSL dan Camat Arungkeke Alamsyah dengan menghadirkan perwakilan penerima sertifikat di masing-masing desa se-Kecamatan Arungkeke.

Turut hadir kapolsek Arungkeke, kepala Desa Palajau, kepala desa boronglamu, kepala Desa Bulo-Bulo, kepala Desa Arungkeke Pelantikang, dan tokoh masyarakat di lima desa se-Kecamatan Arungkeke.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Jeneponto, Irvan Tamrin SSt, MH dalam sambutan menjelaskan bahwa program strategis pengadaan sertifikat untuk masyarakat berjalan sesuai target berkat bantuan pemerintah daerah (pemda).

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

Selain itu, menurutnya, sertifikat adalah bukti kepemilikan sah atas tanah masyarakat dapat menjadi jaminan yang berkekuatan hukum jika sewaktu-waktu terjadi sengketa.

Sementara itu Wakil Bupati H Paris Yasir mengatakan keuntungan bagi masyarakat apabila tanahnya telah memiliki sertifikat, yaitu tidak perlu khawatir akan terjadinya konflik suatu hari nanti dan dapat dijadikan jaminan untuk memperoleh modal usaha atau pendidikan anak-anak nantinya

Lebih jauh Paris Yasir memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan Kantor Pertanahan yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat Kabupaten Jeneponto lebih khusus Kecamatan Arungkeke yang menjadi tuan rumah acara.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

"Selamat untuk semua penerima dan mohon dijaga baik-baik karena ini merupakan surat berharga. Bijaksana lah saat menjadikan sertifikat ini sebagai jaminan modal usaha, ingat yang produktif bukan konsumtif," ujarnya.

Selain menghadiri acara penyerahan sertifikat tanah gratis untuk rakyat, di tempat yang sama Paris Yasir turut mengikuti vaksin tahap kedua yang disaksikan langsung kepala Kantor Pertanahan, camat Arungkeke, kepala desa se-Kecamatan Arungkeke dan masyarakat.

 

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto #Paris Yasir