Rabu, 15 Desember 2021 16:52

Daihatsu Ajak Warga Manfaatkan PPnBM 0%, Mulai Januari Harga Mobil Naik Sekitar Rp20 Jutaan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Daihatsu Ajak Warga Manfaatkan PPnBM 0%, Mulai Januari Harga Mobil Naik Sekitar Rp20 Jutaan

Daihatsu bersiap melakukan ekspansi ke beberapa daerah pada awal 2022.

RAKYATKU.COM -- Sejak kehadiran Daihatsu Rocky April 2021 lalu, kehadirannya cukup mencuri perhatian masyarakat dengan tampilan yang elegan dan sporty.

Dilaunching secara virtual April 2021 dan hadir menyapa masyarakat Kota Makassar di bulan Juni 2021, Rocky dipastikan akan menjadi idola baru masyarakat modern di kota ini.

Rocky yang berada pada segmen Sport Utility Vehicle (SUV) hadir dengan mesin 1000 cc dan 1.200 cc dengan teknologi turbo yang disematkan menjadikan performa Rocky tidak diragukan lagi.

Rocky juga memiliki sistem keamanan yang sudah diuji, ASA (Advanced Safety Assist). Fitur ini bekerja dengan menggunakan sensor yang terdapat pada stereo camera di kaca depan yang dapat mendeteksi objek di depan mobil, lalu memberikan peringatan jika mobil dalam potensi bahaya.

Fitur ASA ini memiliki enam fungsi masing-masing, yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

 

Kepala Cabang Daihatsu Alaudin Ari Sugih, Senin (13/12/2021) mengatakan, kehadiran Rocky ini membawa pengaruh positif pada otomotif Sulawesi Selatan. Khususnya Makassar, dengan teknologi dan fitur yang dibenamkan akan memberi pengalaman tersendiri bagi para penggunanya.

"Untuk memperluas jaringan area cakupannya, rencananya tahun depan kami akan membuka kantor cabang Daihatsu di Kota Sinjai. Hal ini dilakukan agar masyarakat Sinjai dan sekitarnya lebih dekat dan mudah menjangkau kantor Daihatsu," ungkap Ari.

Sponsored by MGID

Saat ditanya mengenai target penjualan untuk cabang yang ia pegang, Ari Sugih mengatakan penjualan Rocky membawa tren positif terhadap penjualan cabangnya, walaupun penjualan mobil pikap juga cukup tinggi. Mungkin karena aktivitas masyarakat sudah mulai lancar.

Banyak usaha baru yang mulai berkembang yang membutuhkan mobil pickup, tetapi penjualan dan permintaan untuk mobil Rocky juga cukup baik. Terbukti selama bulan November penjualan Rocky bisa mencapai target.

Kepala Cabang Daihatsu Urip, Andrianto Saudin menambahkan respons pasar terhadap kehadiran Rocky meningkat hingga 25 persen. Angka ini dianggap cukup baik dengan perubahan iklim Makassar yang masyarakatnya sudah mulai beraktivitas dengan penurunan angka penyebaran yang signifikan, hingga akhir Desember ia berharap bisa mencapai target 50-60 unit.

Pada 2022, Daihatsu akan membuka beberapa cabang di daerah antara lain Pinrang, Polman, Luwu Timur. Hal ini dilakukan melihat potensi daerah tersebut yang cukup besar. Selain itu agar bisa lebih dekat dan menjawab kebutuhan sahabat Daihatsu yang ada di sekitar area tersebut.

Andrianto Saudin juga menyarankan kepada masyarakat yang ingin memiliki mobil sebaiknya memanfaatkan program PPnBM 0% yang masih berlaku hingga akhir Desember 2021.

"Rencanannya pemerintah akan mengalihkan subsidi ke sektor lain, sehingga program PPnBM0% untuk tahun 2022 kemungkinan sudah tidak ada," katanya.

Menurut Andrianto, ketika PPnBM 0% ditiadakan, otomatis harga mobil akan meningkat sekitar 20% atau minimal Rp20 juta. Angka ini dia anggap cukup besar jika dimanfaatkan untuk kebutuhan lain atau modal usaha mungkin akan sangat membantu.

Penulis : Lisa Emilda
#daihatsu makassar