Rabu, 15 Desember 2021 14:02

Empat Kecamatan Terdampak Gempa NTT di Selayar, Plt Gubernur Sulsel: Tim Medis dan Logistik Sudah Kita Drop

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bantuan logistik sudah dikirim ke Kabupaten Kepulauan Selayar.
Bantuan logistik sudah dikirim ke Kabupaten Kepulauan Selayar.

Total rumah yang rusak ada 346 rumah, yakni 134 rusak berat dan 212 rusak ringan.

RAKYATKU.COM, SELAYAR - Gempa yang mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa siang (14/12/2021) berdampak hingga ke Sulawesi Selatan (Sulsel). Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo ini mengakibatkan sejumlah rumah rusak di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan terdapat empat kecamatan yang terdampak gempa di Kepulauan Selayar, yakni Kecamatan Takabonerate, Pasilambena, Pasimarannu, dan Passimasunggu.

"Yang terparah terjadi di dua kecamatan yang terdekat dari pusat gempa, yakni Kecamatan Pasilambena dan Kecamatan Pasimarannu," ungkap Andi Sudirman, Selasa (14/12/2021).

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

Total rumah yang rusak ada 346 rumah, yakni 134 rusak berat dan 212 rusak ringan.

"Kalau di Kecamatan Pasilambena ada 43 rumah yang rusak, Takabonerate 1 rumah, Pasimasunggu 4 rumah, dan Pasimarannu 298 rumah. Ada juga rumah ibadah yang rusak 2, sekolah 3 unit, dan gudang rusak ringan 2 unit, serta korban luka-luka ada 6 orang," ucapnya.

Untuk penanganannya, Andi Sudirman mengungkapkan pihaknya akan menurunkan tim medis, tim dapur umum, tim evakuasi, dan juga akan mengirim bantuan logistik kepada warga yang terdampak.

Baca Juga : Dewan Adat Saoraja Bone Anugerahi Penjabat Gubernur Bahtiar Gelar Adat Daeng Mappuji

"Besok (Rabu hari ini) tim medis bersegera ke lokasi termasuk untuk membawa logistik yang sudah kita drop untuk satu ton pertama, berupa beras dan juga tim dapur umum untuk dua wilayah yang sangat terdampak di wilayah terdekat dari pusat gempa di NTT," terangnya.

Untuk pengiriman logistik ini, Andi Sudirman mengungkapkan akan dilakukan secara bertahap dikarenakan akses pengiriman dan kapasitas kapal pengangkut logistik yang terbatas.

"Pendirian dapur umum sementara berdiri di beberapa lokasi pengungsian, termasuk bantuan tambahan akan bergerak dengan speed boat untuk menambah bantuan logistik, medis dan dapur umum untuk tempat-tempat pengungsi," katanya.

Baca Juga : Sambut Kajati Baru Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

Andi Sudirman mengungkapkan, penyediaan dapur umum menjadi salah satu bentuk bantuan yang paling penting untuk memenuhi kebutuhan makan dan logistik masyarakat terdampak. Dapur umum ini pun akan dipasang hingga kondisi masyarakat mampu memenuhi kebutuhan logistik secara mandiri.

"Kita berharap semua warga tenang dan tidak panik, namun tetap waspada. Serta senantiasa berdoa untuk keselamatan kita semua. Doakan juga semoga tim yang diturunkan dilancarkan sesuai rencana," pungkasnya.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #Plt Gubernur Sulsel #Gempa NTT #Kabupaten Kepulauan Selayar