Jumat, 10 Desember 2021 23:01

Unhas Pre-Launching Hotel and Training Center, Targetkan Rampung Maret 2022

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Unhas Pre-Launching Hotel and Training Center, Targetkan Rampung Maret 2022

Hotel Unhas diinisiasi saat Prof Dwia masih menjabat wakil rektor.

RAKYATKU.COM -- Sebagai komitmen terhadap peningkatan kapasitas sarana dan prasarana, Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Pre-Launching Hotel and Training Center.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 13.30 wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Ballroom Hotel and Training Center Unhas, Kampus Tamalanrea, Jumat (10/12/2021).

Mengawali kegiatan, Prof Dwia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembangunan.

Baca Juga : Andalkan View Pepohonan dan Danau, Hotel Unhas Libatkan Manajemen Perhotelan Berpengalaman

Dia mengatakan, kehadiran Hotel and Training Center merupakan bagian dari sejarah yang hadir berkat kolaborasi sivitas akademika Unhas.

"Ide awal muncul ketika saya masih menjadi wakil rektor, namun masih terkendala pada beberapa hal. Utamanya terkait pendanaan. Namun, alhamdulillah berkat kerja sama dan dukungan seluruh sivitas akademika Unhas, kita bisa hadir bersama-sama untuk Pre Launching dan menunjukkan komitmen nyata terhadap keberhasilan pembangunan hingga selesai dan siap digunakan," jelas Prof Dwia.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrastruktur Prof Ir Sumbangan Baja, MPhil, PhD, menjelaskan terkait perkembangan pembangunan Hotel and Training Center.
Prof Sumbangan mengatakan, gagasan pembangunan muncul dari berbagai pertimbangan dengan fokus utama mendukung kegiatan akademik hingga peningkatan pendapatan yang merupakan wujud serta tuntutan kemandirian Unhas sebagai PTN-BH.

Baca Juga : Andalkan View Pepohonan dan Danau, Hotel Unhas Libatkan Manajemen Perhotelan Berpengalaman

"Kehadiran Hotel Unhas akan memberikan efisiensi terhadap pengeluaran berbagai kegiatan sivitas akademika. Pertemuan di hotel, baik itu tingkat fakultas, departemen, prodi dan unit kerja lainnya ternyata menggunakan anggaran yang cukup besar. Olehnya itu, nanti seluruh kegiatan Unhas akan berpusat di sini," jelas Prof Sumbangan.

Pembangunan dilakukan secara bertahap, saat ini progres pembangunan mencapai 90 persen. Para pekerja fokus merampungkan beberapa elemen dan kelengkapan interior. Konsep pembangunan mengedepankan aspek lingkungan dengan melihat letak strategis lahan dengan estimasi anggaran bernilai kurang lebih Rp120 miliar, bersumber dari dana Non-APBN.

"Hotel ini dibangun dalam tiga tahap, kita perkirakan selesai akhir Maret 2022. Namun, untuk ballroom sudah bisa dipakai Februari 2022. Semua tahapan pembangunan dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan koordinasi dengan MWA maupun pihak kementerian," tambah Prof Sumbangan.

Baca Juga : Andalkan View Pepohonan dan Danau, Hotel Unhas Libatkan Manajemen Perhotelan Berpengalaman

Pre launching berlangsung lancar hingga pukul 15.30 wita, ditutup dengan meninjau progres pembangunan hotel oleh sivitas akademika Unhas.

#Hotel Unhas