Kamis, 09 Desember 2021 15:28

Dibuka Wapres, Grand Opening Muktamar Wahdah Islamiyah Akan Diikuti 100 Ribu Orang

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dibuka Wapres, Grand Opening Muktamar Wahdah Islamiyah Akan Diikuti 100 Ribu Orang

Dibuka Wapres Ma'ruf Amin, Muktamar IV Wahdah Islamiyah juga akan dihadiri dua menteri dan ketua DPD RI.

RAKYATKU.COM -- Muktamar IV Wahdah Islamiyah bakal tampil beda. Bukan hanya karena akan dibuka Wakil Presiden RI, Prof Dr KH Ma'ruf Amin.

Salah satu keistimewaannya pada pembukaan. Diberi nama grand opening, acara ini akan dihadiri minimal 100 ribu orang secara virtual.

Pembukaan muktamar dijadwalkan Ahad, 19 Desember 2021. Rencananya akan berlangsung hingga 22 Desember 2021. Seluruh rangkaian acara digelar secara online.

Baca Juga : Staf Ahli Mendagri Harap Wahdah Islamiyah Bangun Perekonomian Umat Melalui Wakaf

Pimpinan Umum DPP Wahdah Islamiyah, Dr KH Muhammad Zaitun Rasmin Lc, MA mengatakan, muktamar online penuh diputuskan setelah melalui sejumlah pertimbangan.

Sebelumnya ada beberapa opsi. Offline penuh di Jakarta atau Makassar. Lalu berkembang menjadi hybrid dan dipusatkan di Makassar.

Namun, rencana akhirnya berubah. Menyusul rencana pemberlakuan PPKM yang akhirnya dibatalkan, ditambah beberapa bencana yang terjadi seperti erupsi Gunung Semeru, banjir, dan lainnya.

Baca Juga : Wapres Ma'ruf Amin: Dua Dekade Ustaz Zaitun Mendampingi Saya

"Akhirnya kita putuskan full online," jelas Ustaz Zaitun dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (9/12/2021).

Ustaz Zaitun sudah beradiensi dengan Wapres KH Ma'ruf Amin. Wapres sudah menyatakan kesediaannya untuk membuka muktamar yang salah satu agendanya memilih ketua umum baru periode 2022-2027.

Terkait grand opening yang akan dihadiri 100 ribu orang, Ustaz Zaitun mengatakan, bukan sekadar seremoni. Peserta diharapkan bisa mengambil beberapa manfaat dari sejumlah pemateri yang dihadirkan.

Baca Juga : Menko Polhukam: Ormas Wahdah Islamiyah Motor Penggerak Islam Moderat di Indonesia

Di antara pemateri yang akan tampil, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Prof Dr Mahfud MD; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno; dan Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti.

Koordinator Steering Committee, Syaibani Mujiono mengatakan, registrasi peserta ditargetkan 145 ribu orang. Diharapkan hadir minimal 100 ribu orang.

Grand opening rencananya dipandu host Ari Untung. Ada juga penampilan qari Ibrahim Al Haq. Rangkaian acara lainnya wisuda 200 hafiz Qur'an.

Baca Juga : Jadi Pemateri pada Muktamar Wahdah Islamiyah, Mahfud MD: Jangan Takut Dibilang Ekstrem

"Sepuluh di antaranya akan kami hadirkan langsung dan bisa kita tes hafalannya nanti," jelas Ustaz Syaibani Mujiono.

Panitia akan menyiapkan doorprize bagi peserta. Hadiahnya cukup istimewa. Mulai umrah, sepeda motor, hingga smartphone. Seribu peserta pertama yang masuk Zoom akan mendapatkan bantuan pulsa.

Ada juga pemberian bantuan untuk 30 UMKM lewat Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ).

Baca Juga : Sudah Lebih 100 Ribu Orang, Begini Cara Daftar Grand Opening Muktamar IV Wahdah Islamiyah Bersama Wapres

Koordinator Organizing Committee, Ambo Sakka mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah menyiapkan salah satu hotel di Makassar sebagai lokasi acara. Persiapannya sudah mencapai 90 persen.

Namun, perubahan format acara menjadi full online, membuat panitia harus membatalkan reservasi hotel tersebut. Namun, semua berjalan dengan lancar.

Terkait persiapan acara virtual yang akan diikuti 100 ribu orang, Ustaz Ambo mengatakan, sudah berpengalaman menggelar silatnas. Acara yang digelar 12 November 2021 lalu itu diikuti 50 ribu peserta.

Baca Juga : Sudah Lebih 100 Ribu Orang, Begini Cara Daftar Grand Opening Muktamar IV Wahdah Islamiyah Bersama Wapres

Muktamar yang akan diikuti 2.700 orang juga sudah disimulasikan lewat kegiatan pra muktamar pada 25-28 November 2021 yang diikuti 1.000 peserta.

#Muktamar Wahdah Islamiyah