Senin, 06 Desember 2021 14:47

Hari Ini, Para Pejabat Pembuat Akta Tanah di Sulsel Pilih Nakhoda

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hari Ini, Para Pejabat Pembuat Akta Tanah di Sulsel Pilih Nakhoda

Empat nama bersaing menjadi ketua Pengurus Wilayah IPPAT Sulsel dalam konferwil di Hotel Claro, hari ini.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR -- Para Pejabat Pembuat Akta Tanah (Pengwil Sulsel IPPAT), punya gawean. Mereka bersiap untuk memilih sang nakhoda.

Pemilihan ketua itu akan ditentukan melalui Konferensi Wilayah Sulawesi Selatan (Konferwil Sulsel) IPPAT.

Acara itu, akan dilaksanakan Senin, 6 Desember 2021, hari ini. Lokasinya, di Hotel Claro, Makassar.

Ketua Pelaksana, H Muh Asyurah, mengatakan, acara Konferwil digelar tiga tahun sekali. Itu, sesuai dengan AD dan ART IPPAT.

Pria hobi catur ini, menambahkan, proses pemilihan calon ketua ini juga sudah mengalami penjaringan. Diawali pengusulan nama-nama bakal calon ketua oleh pengurus daerah (pengda) se-Sulsel.

Asyura menjelaskan, di Sulsel, di bawah Pengwil Sulsel, terdapat enam pengda yang membawahi beberapa daerah. Ada Pengda Makassar dengan lingkup seluruh Kota Makassar. Pengda Parepare yang melingkupi Parepare, Barru, Pinrang, Sidrap, Enrekang, Tana Toraja, dan Toraja Utara.

Selain itu, Pengda Bone melingkupi Bone, Soppeng, Wajo, Maros, dan Pangkep. Juga, Pengda Luwu Raya meliputi Palopo, Luwu Timur dan Luwu Utara. Serta, Pengda Gowa meliputi seluruh Kabupaten Gowa. Terakhir, Pengda Takalar meliputi Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, dan Kepulauan Selayar.

Asyura menambahkan, pengusulan nama-nama bakal calon ketua itu, bahkan telah diproses. Rapat kerja wilayah Sulsel, telah melakukan penyaringan. Empat nama, satu di antaranya adalah ketua saat ini.

"Empat nama yang telah ditetapkan maju sebagai calon ketua. Mereka adalah Dr. Mustahar, S.H.,M.Kn. Selain itu, Dr. Abdurrifai, S.H.,M.Kn. dan Dr. Aksal Arsyad, S.H.,M.Kn. Nah, satu nama lainnya adalah ketua saat ini; A.S.Pulaweng Salahuddin, S.H.,M.Kn," tandas pria yang akrab disapa Pak Aji, ini.

Terpisah, Ketua Pengwil Sulsel, A.S. Pulaweng Salahuddin membenarkan akan digelarnya pemilihan ketua. Pulaweang yang akrab disapa yang akrab Paula, berharap, anggotanya berbondong-bondong datang untuk menggunakan hak pilihnya.

Hingga saat ini, sebut Paula, tercatat 516 orang Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Sulsel. "Dari catatan kami, PPAT yang tergabung dalam anggota Pengwil Sulsel ada sekitar 516 PPAT. Semoga mereka bisa datang untuk memilih," katanya, penuh harap.

Selain memilih ketua, Konferwil Sulsel IPPAT ini juga akan memilih tiga anggota Majelis Kehormatan. Acara pembukaannya sendiri rencananya akan dihadiri oleh Hapendi Harahap Ketua Umum Pengurus Pusat IPPAT berserta jajarannya. Juga, Ketua DPRD Provinsi Sulsel dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian ATR/BPN Sulsel. "Kita berharap, semua lancar," kunci Asyurah. (*)

#IPPAT Sulsel