Minggu, 28 November 2021 22:25

595 CPNS Kemenkumham Sulsel Jalani Tes di Markas Brimob, Satu Mundur karena Darah Tinggi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
595 CPNS Kemenkumham Sulsel Jalani Tes di Markas Brimob, Satu Mundur karena Darah Tinggi

Tes kesamaptaan CPNS Kemenkumham Sulsel berlangsung 24-27 November 2021.

RAKYATKU.COM - Sebanyak 595 peserta di Sulawesi Selatan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kesamaptaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM.

Kegiatan ini dilaksanakan di Batalyon A Satuan Brimob Polda Sulsel, Jalan Sultan Alauddin, Pa’baeng-baeng, Makassar.

Kepala Bagian Umum Kanwil Kemenkumham Sulsel, Basir mengatakan peserta dari tes ini sebanyak 615 orang terdiri atas laki-laki 600 orang dan perempuan 15 orang.

Baca Juga : Masuk Tahap WPFK, CPNS Kemenkumham Sulsel Boleh Tunjukkan Piagam Perhargaan

"Sebanyak 20 peserta tidak mengikuti tes. Ada satu peserta tidak melanjutkan tes tersebut karena mengalami tekanan darah tinggi. Peserta tersebut juga tidak mau ambil risiko," kata Basir.

Basir mengatakan tes ini berlangsung sejak 24 hingga 27 November 2021 dengan formasi SLTA sebanyak 205 orang yang terdiri atas 203 orang penjaga tahanan (199 laki-laki dan 4 perempuan) serta dua orang pemeriksa keimigrasian (1 laki-laki dan 1 perempuan).

Tes kesamaptaan jasmani berupa lari 12 menit, dan pull up (untuk wanita chaning) sit up, serta push up selama satu menit kemudian shuttle run jarak enam kali 10 meter.

Baca Juga : CPNS Kemenkumham Sulsel Jalani Tes Seleksi Kompetensi Bidang

Selain itu dilaksanakan juga seleksi kesampataan calon taruna Poltekip dan Poltekim Kemenkumham. Pesertanya 18 orang laki-laki dan seorang perempuan.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sulsel, Sirajuddin dalam keterangannya Minggu (28/11/2021) mengatakan tes ini dilaksanakan bekerja sama dengan Sat Brimob Polda Sulsel.

"Pada tes ini, Kemenkumham Sulsel juga menyiapkan kamera video. Untuk transparansi dan antisipasi jika ada peserta yang keberatan dengan hasil tes," kata Kadiv Sirajuddin.

Baca Juga : Seleksi CPNS Kemenkumham Memasuki Tahap SKD, Jadwal dan Lokasi Diumumkan 10 September

Pelaksanaan SKB ini, kata Sirajuddin, juga dipantau langsung ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan. Dari pemantauannya, pelaksanaan SKB Kanwil Sulsel berjalan baik dan mengapresiasi transparansi pelaksanaan tes yang dipasangi kamera video.

"Pelaksanaan tes ini dipantau juga oleh perwakilan Biro Kepegawaian Setjen Kemenkumham RI," sebutnya.

Penulis : Syukur
#CPNS Kemenkumham Sulsel