Selasa, 23 November 2021 12:48

Tak Hanya Bikin Petani Jeneponto Panen Dua Kali, Ini Manfaat Lain Bendungan Karalloe yang Diresmikan Jokowi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tak Hanya Bikin Petani Jeneponto Panen Dua Kali, Ini Manfaat Lain Bendungan Karalloe yang Diresmikan Jokowi

Bendungan yang terletak di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa itu mampu mengairi 7000 hektare sawah irigasi.

RAKYATKU.COM — Bendungan Karalloe yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (23/11/2021), multifungsi. Selain untuk sawah, juga pengendali banjir.

Presiden Jokowi yang didampingi sejumlah menteri secara simbolis membuka tuas pintu air tanda diresmikannya bendungan berkapasitas tampung 40,5 juta meter kubik.

Menurut Jokowi, kini petani di Sulsel terutama di sekitar Bendungan Karalloe bisa memanfaatkan sumber air dengan panen dua kali. Selama ini hanya bisa panen sekali.
“Alhamdulillah petani kita di daerah sudah bisa memanfaatkan kehadiran bendungan terutama meningkatkan produksi panen,” kata Jokowi.

Bendungan ini terletak di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Mampu mengairi 7000 hektare sawah irigasi.

Juga berfungsi mengendalikan banjir 49 persen dari luas paparan limpahan air di Jeneponto itu. Bisa juga membangkitkan listrik sebesar 4,5 mega watt.

Dengan jaringan irigasinya, Karalloe diperkirakan mampu mendongkrak produksi pertanian Jeneponto sebanyak 43 ribu ton per tahun.

Asumsinya produksi rata-rata 5,67 ton per hektare. Produksi padi Jeneponto tahun ini diperkirakan mencapai 157 ribu ton. Belum memperhitungkan efektivitas irigasi Karalloe.

Usai peremian, Presiden Jokowi akan menuju Kabupaten Jeneponto untuk melakukan penanaman jagung bersama para petani dan masyarakat sekitar.

Usai menaman jagung, Presiden Jokowi bersama rombongan akan kembali menuju Kabupaten Maros dengan helikopter Super Puma TNI AU.

Sore harinya, Presiden Jokowi dijadwalkan kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Sulawesi Selatan adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

#Kunjungan Jokowi