Rabu, 17 November 2021 10:02

Ketua PKK Parepare Rela Diguyur Hujan demi Tepati Janji ke Kelompok Wanita Tani

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bermodalkan mantel berwarna abu-abu, Erna Rasyid Taufan melakukan aktivitas tani, salah satunya memetik hasil kebun di pekarangan rumah warga.
Bermodalkan mantel berwarna abu-abu, Erna Rasyid Taufan melakukan aktivitas tani, salah satunya memetik hasil kebun di pekarangan rumah warga.

Menurut Erna Rasyid Taufan, selain nilai budaya, menepati janji, kata dia, juga merupakan salah satu bentuk kebaikan yang disebutkan dalam Al-Qur'an.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - "Sadda mappabbati ada, ada mappabbati gau', gau' mappabbati tau". Kutipan falsafah masyarakat Bugis yang berisi pesan morel dan makna menepati janji.

Petuah budaya masyarakat Bugis itu telah diterapkan dengan baik dalam karakter Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan.

Di tengah kesibukannya yang padat disertai guyuran hujan yang tiada henti sejak pagi, tidak menciutkan semangat demi menepati janji terhadap sejumlah Kelompok Wanita Tani (KWT) di dua lokasi, yaitu Kelurahan Lompoe dan Kelurahan Watang Bacukiki, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akan Boyong Kadis dan Pengusaha Tinjau IKN

Bermodalkan mantel berwarna abu-abu, Erna menerobos hujan berkeliling bersama sejumlah ibu-ibu yang tergabung dalam KWT. Dia melakukan aktivitas tani, salah satunya memetik hasil kebun di pekarangan rumah warga di bawah binaan Dinas Ketahanan Pangan Parepare.

Menurut Erna, selain nilai budaya, menepati janji, kata dia, juga merupakan salah satu bentuk kebaikan yang disebutkan dalam Al-Qur'an.

"Menepati janji adalah sebuah kebaikan yang tertuang dalam surah Al Baqarah ayat 177," ujar istri Wali Kota Parepare ini.

Baca Juga : PAD Triwulan Pertama Pemkot Parepare Lampaui Target , RSUD Andi Makkasau Tertinggi

Dalam surah Al-Baqarah ayat 177 diuraikan, kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

Erna juga menikmati kuliner olahan hasil kebun para petani, seperti barobbo, jagung rebus, perkedel jagung, dan sejumlah olahan pangan sehat lainnya.

"Saya sangat mengapresiasi inovasi Kadis Ketahanan Pangan. Melalui pemanfaatan pekarangan rumah, warga dapat menikmati sayur-sayuran sehat serta dapat menunjang dan meningkatkan penghasilan keluarga," papar Erna didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Parepare, Muhammad Nur, Camat Bacukiki, Saharuddin, Lurah Lompoe, Lahudding, Lurah Watang Bacukiki, Supardi, serta Ketua TP PKK Kecamatan Bacukiki dan Kelurahan.

Penulis : Hasrul Nawir
#pkk parepare #Pemkot Parepare