Minggu, 14 November 2021 10:28

Tingkatkan Kualitas Dosen dan Mahasiswa, Unimerz Teken MoU dengan UPRI Makassar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tingkatkan Kualitas Dosen dan Mahasiswa, Unimerz Teken MoU dengan UPRI Makassar

Unimerz dan UPRI menjalin kerja sama sebagai pengejawantahan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

RAKYATKU.COM -- Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar terus berupaya meningkatkan jejaring antar perguruan tinggi. Kali ini Unimerz sepakat menjalin kerja sama dengan Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar.

Sebagai langkah awal dari kerja sama ini, Unimerz dan UPRI melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pada Kamis (11/11/2021).

MoU itu ditandatangani langsung Rektor Unimerz, Prof Dr dr Ali Aspar Mappahya, SpPD, SpJP (K) dan Rektor UPRI, Dr H Abd Azis DP, SH, MH.

Baca Juga : Perjuangan Mahasiswi Unimerz Lewati Medan Berat demi Tolong Ibu Bersalin

Rektor Unimerz Prof Dr dr Ali Aspar Mappahya, SpPD, SpJP (K) mengatakan kerja sama ini sebagai pengejawantahan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Lebih kepada pertukaran mahasiswa dan dosen. Misal, kalau di sini tidak ada prodi itu tapi diminati, boleh belajar kesana," kata Ali Aspar.

Adapun realisasi dari kerja sama ini diharapkan Alis Aspar bisa dilaksanakan awal tahun 2022 mendatang. Tindak lanjut kerja sama itu akan dituangkan dalam Memorandum of Action (MoA).

Baca Juga : Unimerz Raih Penghargaan Nominasi Perguruan Tinggi Terbaik Penyelenggara Pembelajaran Daring

"Kalau pertukaran itu, tetap ada yang membimbing dan mengikuti supaya tetap terarah," tuturnya.

Menurut Ali Aspar, saat ini konsep pertukaran dosen dan mahasiswa memang sangat dituhkan demi memperkaya kualitas lulusan dan dosen.

Baca Juga : Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Unimerz Gelar Raker dan Family Gathering di Malino

Rektor UPRI, Dr H Abd Azis mengatakan, selain untuk untuk menciptakan outcome yang berkualitas, kerja sama ini juga bertujuan untuk meningkatkan poin institusi kampus.

"Efeknya adalah kerja sama ini dapat meningkatkan poin kita, terutama saat pembaharuan akreditasi. Ini sangat penting sekali, karena masuk indikator penilaian," jelasnya.

Abdul Azis menambahkan, kerja sama ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan masing-masing kampus ke institusi lain.

Baca Juga : Mahasiswa Keperawatan Unimerz Kunjungan Virtual ke Balai Asuhan Keperawatan EdWcare Aceh

Menurutnya, kolaborasi antar kampus sangat dibutuhkan di era globalisasi saat ini. Bukan lagi pada persaingan dan ego sektoral.

"Sekarang, intinya bagaimana membangun lulusan yang siap bekerja tapi dengan kualitas yang bagus tentunya," katanya.

Azis berharap, lewat kerja sama ini dapat membuat pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi kedua pihak bisa lebih meningkat lagi.

#Unimerz Makassar