Jumat, 12 November 2021 18:02

RSUD Andi Makkasau Parepare Hadirkan Alat Canggih MRI Bebas Radiasi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
RSUD Andi Makkasau Parepare Hadirkan Alat Canggih MRI Bebas Radiasi

MRI sering dilakukan dan berkaitan dengan pemeriksaan terhadap otak, saraf tulang belakang, jantung, pembuluh darah, tulang, sendi, jaringan lunak, dan organ-organ tubuh lainnya.

RAKYATKU.COM,PAREPARE – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, terus melengkapi peralatan medis yang canggih dalam menunjang pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Rumah sakit rujukan tersebut memiliki alat penunjang pemeriksaan dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1.5 Tesla.

Direktur RSUD Andi Makkasau, dr Renny Anggraeni Sari mengatakan, MRI merupakan pemeriksaan organ tubuh yang dilakukan dengan menggunakan teknologi magnet dan gelombang radio.

Baca Juga : Empat Petugas KPPS-PTTS Dirawat di RSUD Andi Makkasau karena Kelelahan

“Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendapatkan hasil gambar organ, tulang, dan jaringan di dalam tubuh secara rinci dan mendalam. Pemeriksaan ini dilakukan sebagai alat bantu diagnosis untuk dokter,” katanya.

Renny menjelaskan, MRI sering dilakukan dan berkaitan dengan pemeriksaan terhadap otak, saraf tulang belakang, jantung, pembuluh darah, tulang, sendi, jaringan lunak, dan organ-organ tubuh lainnya.

"Pemeriksaan organ tubuh melalui prosedur MRI sering dianggap sebagai cara yang lebih aman. Sebab, berbeda dengan foto rontgen atau CT scan, pemeriksaan dengan MRI tidak memancarkan radiasi, sehingga cukup aman untuk dilakukan pada ibu hamil sekalipun,” jelasnya.

Baca Juga : RSUD Andi Makkasau Kerahkan Ratusan Nakes Kawal Pemilu 2024

Renny memaparkan, prosedur MRI bisa dilakukan terhadap sejumlah organ tubuh tertentu, untuk mendeteksi kelainan atau gangguan kesehatan yang mungkin menyerang.

"Ada berbagai organ yang biasanya diperiksa melalui MRI, di antaranya otak, saraf tulang belakang, jantung, pembuluh darah, tulang dan sendi,” terangnya.

Renny menambahkan, pemeriksaan MRI juga bisa dilakukan untuk memeriksa keberadaan tumor atau kelainan dari banyak organ di dalam tubuh yang meliputi saluran empedu, ginjal, hati, limpa, pankreas, rahim, ovarium, serta prostat.

Baca Juga : Poliklinik RSUD Andi Makkasau Tutup Selama Libur Isra Mikraj-Imlek

“Untuk saat ini pelayanan MRI di RSUD Andi Makkasau Parepare sudah dapat dilaksanakan bagi peserta BPJS maupun layanan pasien umum,” tandasnya.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe, dalam beberapa pertemuan juga terus menekankan kepada jajaran SKPD untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Termasuk layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau, yang merupakan rumah sakit rujukan di bagian Utara Sulawesi Selatan.

Penulis : Hasrul Nawir
#RSUD Andi Makkasau