Senin, 08 November 2021 15:02

Dosen Farmasi UMI Latih Anggota Majelis Taklim Olah Rimpang dan Herba untuk Imunitas

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dosen Farmasi UMI Latih Anggota Majelis Taklim Olah Rimpang dan Herba untuk Imunitas

Peningkatan daya tubuh di masa pandemi ini menjadi alasan utama melakukan kegiatan ini.

RAKYATKU.COM -- Dosen UMI melakukan kegiatan pengabdian bagi ibu-ibu majelis taklim MT Nurul Iman, Desa Tamangngapa, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep pada 30 Oktober 2021 lalu.

Kegiatan pengabdian berupa pengolahan rimpang dan herba yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih mudah diminum.

Peningkatan daya tubuh di masa pandemi ini menjadi alasan utama melakukan kegiatan ini.

Baca Juga : PkM Dosen Farmasi UMI: Produksi Kerupuk Bawang Sehat Bergizi Berbahan Tepung Ampas Tahu

"Pengolahan simplisia ini sangat mudah," kata Ketua Pengabdian, apt Rahmawati SSi, MKes yang didampingi anggota, apt Rizki Nur Azizah SSi, MFarm dan Ir Lastri Wiyani MP.

Misalnya untuk membuat simplisia rimpang kunyit. Langkah pertama yakni melakukan sortasi dengan memisahkan kotoran-kotoran atau bahan asing lainnya seperti tanah atau kerikil, atau bagian yang rusak.

Baca Juga : Dosen Fakultas Farmasi UMI Buat Inovasi Kit Skoring

Setelah sortasi, dilakukan pencucian. Pencucian dilakukan sampai bersih dengan mengggunakan air mengalir, kemudian ditiriskan. Penirisan dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan sisa air dari pencucian.

Selanjutnya dilakukan perajangan untuk memperkecil ukuran. Hal ini dilakukan dengan memotong-motong dengan menggunakan pisau yang tidak berkarat.

Hasil rajangan berupa potongan-potongan ini kemudian dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Kebersihan diri, alat dan peralatan harus dijaga selama pengolahan.

Baca Juga : PkM Dosen Farmasi UMI di SMP Ma’arif Makassar, Kenalkan Sediaan Farmasi dan Cara Penggunaannya Kepada Siswa

Ibu-ibu majelis sangat atunsias mengikuti kegiatan ini, Tampak dengan semangat ibu-ibu untuk bertanya cara mengolah bahan-bahan rimpang ini.

#Fakultas Farmasi UMI