Kamis, 04 November 2021 22:39

LAN Apresiasi WCI yang Digelar Pemkot Parepare

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
LAN Apresiasi WCI yang Digelar Pemkot Parepare

Workshop Champion of Innovation (WCI) yang digelar secara virtual ini, diikuti antusias oleh 40 orang guru SMP, Kamis (4/11/2021). Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, Iwan Asaad.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI mengapresiasi pelaksanaan Workshop Champion of Innovation (WCI) yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Badan Perencanaan Daerah (Bappeda).

Apresiasi itu disampaikan Kapus Inovasi Administrasi Negara LAN, Isti Herini. Menurut dia, Parepare tak hanya sukses menunjukkan capaian dalam hal pembangunan secara fisik dan ikon kota Habibie, tetapi juga sebagai daerah yang konsisten dalam melahirkan segudang inovasi tanpa henti.

"Saya sangat terkesan Parepare tidak puas-puasnya menghasilkan berbagai inovasi. Sekarang menyasar guru-guru SMP. Ini adalah bentuk upaya dan komitmen Pemkot Parepare yang konsisten dalam melahirkan inovasi," ujar Isti.

Baca Juga : Pemkot Parepare Sukses Raih Juara Satu Penghargaan Pembangunan Daerah

WCI juga, kata dia, selama ini hanya dilakukan oelh LAN RI, tetapi kali ini diinisiasi oleh penyenggara melalui Bappeda Parepare. "Kami juga apresiasi penyelenggara, cukup inovatif karena selama ini hanya dilakukan oleh LAN. Saya angkat jempol pemikiran penyelenggara," ungkap Isti.

WCI yang digelar secara virtual ini, diikuti antusias oleh 40 orang guru SMP, Kamis (4/11/2021). Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, Iwan Asaad. Dihadiri Deputi Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI, Tri Widodo, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, Arifuddin Idris.

Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen, dalam laporannya mengatakan WCI kali ini dikhususkan untk SMP untuk mewujudkan pendidikan lebih bermutu dan berkualitas.

Baca Juga : Perjuangkan Honorer, Akbar Ali Usulkan Honorer jadi PPPK

"Tujuan untuk membangkitkan semangat inovasi di lingkungan sekolah, membentuk aparatur guru mengembangkan inovasi dalam meningkatkan proses pembelajaran di sekolahnya," ujar Zul, sapaan pria berkacamata ini.

Setelah daring, para peserta WCI juga akan mengikuti workshop secara luring yang diagendakan dilaksanakan 10 hingga 11 November mendatang.

Sementara, Sekda Parepare, Iwan Asaad, mengemukakan pelaksanaan WCI ini menjadi bagian dalam mengakselerasi inovasi-inovasi yang lahir di kalangan guru. "Ini adalah bagian daripada menggali potensi dari para pendidik dengan harapan dapat melahirkan ASN yang inovatif," harap Iwan.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Lantik 2 Pejabat Eselon II

WCI, lanjut dia, merupakan wadah dalam menggelorakan inovasi di lingkungan sekolah sebagaimana instruksi Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, dengan melihat peran guru dalam mencerdaskan bangsa dan memajukan pendidikan, khususnya di Kota Parepare.

Pendidikan, kata Iwan, merupakan salah satu pilar penyangga dalam visi misi Wali Kota Parepare dalam mewujudkan kota industri tanpa cerobong asap.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare