Kamis, 28 Oktober 2021 14:53

Detik-Detik Emosional pada Ujian Promosi Doktor Adnan Purichta Ichsan saat Teringat Ayah Tercinta

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Detik-Detik Emosional pada Ujian Promosi Doktor Adnan Purichta Ichsan saat Teringat Ayah Tercinta

Suara Adnan tiba-tiba berubah lirih dan terbata-bata saat mengingat ayahnya, Ichsan Yasin Limpo.

RAKYATKU.COM -- Ujian promosi doktor Adnan Purichta Ichsan berakhir emosional. Beberapa menit sebelum ditutup, hadirin terbawa suasana haru. Forum jadi hening.

Itu terjadi saat Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Farida Patittingi memberi kesempatan kepada bupati Gowa itu menyampaikan ucapan terima kasih. Juga kesan-kesan selama menempuh pendidikan doktor di Unhas.

Adnan lalu menyebut satu per satu. Mulai dari pimpinan sidang, promotor, dan penguji. Dilanjutkan ucapan terima kasih kepada para tokoh yang hadir, sahabat, hingga keluarga dekat.

Baca Juga : Kompleks Makam Arung Palakka dan Karaeng Pattingalloang Direvitalisasi, Bupati Gowa Apresiasi Polda Sulsel

Suara Adnan tiba-tiba berubah lirih dan terbata-bata saat mengingat ayahnya, Ichsan Yasin Limpo. Mantan bupati Gowa dua periode. Dia meninggal saat berobat di Jepang pada 30 Juli 2019.

Adnan yang pernah menjadi bupati termuda di KTI itu langsung mengambil beberapa lembar tisu di depannya. Air matanya tak tertahankan. Dia tidak bisa melanjutkan kata-katanya.

"...saya yakin akan bangga dan bahagia...," kata Adnan setelah jeda beberapa saat. "...dan minta maaf saya tidak bisa berkata-kata lagi..." beberapa detik kemudian, usai mengelap air matanya.

Baca Juga : Hadiri Sertijab Pangdivif 3 Kostrad, Bupati Gowa Harap Kerja Sama Terus Terjalin

Ujian promosi doktor bidang ilmu hukum itu digelar di Baruga Prof Dr H Baharuddin Lopa, Kamis pagi (28/10/2021). Sidang ini juga menghadirkan Menteri Dalam Negeri, Prof Dr Tito Karnavian sebagai penguji eksternal.

Adnan mengatakan, dirinya sengaja memilih 28 Oktober untuk ujian tersebut. Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Dia ingin menyemangati pemuda untuk bersama-sama meningkatkan kompetensi untuk membawa Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dan Indonesia menjadi lebih baik di masa depan.

Baca Juga : Jalan Alternatif Pangkabinanga Pallangga Mulai Diuji Coba

Di antara tokoh yang hadir langsung, antara lain dua anggota DPR RI, Kamrussamad (Gerindra) dan Amir Uskara (PPP). Hadir juga Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Ketua Partai Demokrat Sulsel Ni'matullah.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yang juga paman Adnan, bergabung secara virtual. Begitu pula pelaksana tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Dalam sidang promosi doktor itu, Adnan berhasil mempertahankan disertasi berjudul "Pengaturan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia".

Baca Juga : Bupati Gowa Cek Kehadiran ASN Pasca Libur Idul Fitri

 

#adnan purichta ichsan #Ujian Promosi Doktor