Senin, 25 Oktober 2021 18:02

Ciptakan Tenaga Kerja Kontruksi Berkualitas, Pembekalan dan Uji STKK Digelar di Wajo

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ciptakan Tenaga Kerja Kontruksi Berkualitas, Pembekalan dan Uji STKK Digelar di Wajo

Andi Iwan memfasilitasi pembekalan dan uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (STKK) dilaksanakan di Kabupaten Wajo.

RAKYATKU.COM,WAJO -- Bupati Wajo, Amran Mahmud mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi secara khusus kepada Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras.

Andi Iwan memfasilitasi pembekalan dan uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (STKK) dilaksanakan di Kabupaten Wajo.

Amran Mahmud menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR RI melalui Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR dan Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar yang telah mengalokasikan anggaran dan kegiatan tersebut.

Baca Juga : Naik Level, Wajo Terima Penghargaan Kategori Sangat Baik Penerapan Sistem Merit

Apresiasi tersebut disampaikan saat Bupati Wajo, Amran Mahmud menghadiri pembukaan pembekalan dan uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (STKK), Senin (25/10/2021) di Gedung PGRI Kabupaten Wajo.

Pada pembukaan tersebut, Andi Iwan Darmawan turut hadir langsung bersama Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, kepala Balai Jasa Kontruksi Wilayah VI Makassar, dan kepala Dinas PUPR Kabupaten Wajo.

 

Amran Mahmud menyampaikan bahwa pembekalan dan uji kompetensi ini memang sangat dibutuhkan mengingat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi yang diubah dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, mengisyaratkan bahwa setiap tenaga kerja yang bekerja di sektor konstruksi haruslah memiliki sertifikasi kompetensi.

Baca Juga : Potensi Cuaca Ekstrem di Sulsel, Bupati Wajo Instruksikan OPD, Camat, dan Lurah-Kades Proaktif

"Amanat tersebut berkaitan dengan permasalahan permasalahan yang kerap terjadi dalam penyelenggaraan jasa konstruksi seperti rendahnya mutu konstruksi, terjadinya kegagalan konstruksi dan kegagalan bangunan, serta belum optimalnya kompetensi dari tenaga kerja konstruksi," ucap Amran Mahmud.

Sponsored by MGID

Apalagi, sektor jasa konstruksi merupakan kegiatan masyarakat mewujudkan bangunan yang berfungsi sebagai pendukung atau prasarana aktivitas sosial ekonomi kemasyarakatan guna menunjang terwujudnya tujuan pembangunan nasional.

Oleh karena itu, melalui kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi, Ketua DPD PAN Wajo ini berharap skill dan kompetensi dari tenaga kerja konstruksi dapat terus ditingkatkan dan memberikan jaminan serta kontribusi positif dalam penyelenggaraan jasa konstruksi di Wajo, Sulawesi Selatan dan Indonesia pada umumnya.

Baca Juga : Duo Amran Tunaikan Janji, Ruas Jalan Lempong-Kading 1.080 Meter Kini Mulus

"Kepada para peserta, saya berharap agar kegiatan ini diikuti dengan sungguh-sungguh agar tujuan dari pembekalan dan uji kompetensi ini bisa maksimal serta tetap menerapkan protokol kesehatan," harapnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras menyampaikan bahwa pelatihan dan uji sertifikasi ini bertujuan untuk menambah skill dari para pekerja kontruksi.

"Tenaga kontruksi yang kompeten tentu akan menciptakan bangunan konstruksi yang berkualitas. Inilah yang menjadi tujuan kita semua agar masyarakat bisa merasakan manfaatnya secara maksimal," ucap ketua DPW Gerindra Sulsel ini.

Baca Juga : Bupati Wajo Bacakan Komitmen Implementasi Reformasi Birokrasi di Depan Dua Menteri

Diketahui, kegiatan yang diikuti 100 orang peserta ini digelar oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar sebagai tindak lanjut dari rapat dengar pendapat Komisi V DPR RI dengan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo