Senin, 25 Oktober 2021 09:12

Dikemas Kreatif dan Inovatif, Grand Final Pemilihan Duta Pariwisata Parepare Meriah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dikemas Kreatif dan Inovatif, Grand Final Pemilihan Duta Pariwisata Parepare Meriah

Dewan juri dihadirkan secara luring atau offline degan menyediakan panggung yang dinamai Panggung Kreatifitas Tunjukkan Prestasimu (TP). Ini sebagai inovasi dalam mengalahkan pandemi yang masih belum berakhir.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Grand pinal pemilihan Duta Pariwisata (Dupar) Kota Parepare 2021 berlangsung meriah. Meski di tengah pandemi, event tahunan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Parepare ini disajikan lebih kreatif dan inovatif.

Dalam laporannya, Kepala Disporapar Parepare, Amarun Agung Hamka, mengatakan pelaksanaan grand final Dupar tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Dewan juri dihadirkan secara luring atau offline degan menyediakan panggung yang dinamai Panggung Kreatifitas Tunjukkan Prestasimu (TP). Ini sebagai inovasi dalam mengalahkan pandemi yang masih belum berakhir.

Baca Juga : Taufan Pawe Sampaikan Duka dan Keprihatinan Atas Erupsi Gunung Semeru

"Kita lakukan secara hybrid di mana para dewan juri dihadirkan secara offline di panggung kreativitas Tunjukkan Prestasimu Panggung Kreatifitas. Panggung ini sengaja kita rancang sebagai suatu inovasi untuk mengalahkan pandemi COVID-19," ungkap Hamka yang juga Plt Kepala Dinas Kominfo Parepare, Sabtu (23/10/2021).

Salah satu dewan juri dalam pemilihan yang telah melalui berbagai tahapan ini adalah Ketua Dekranasda yang juga Ketua TP PKK Parepare, Erna Rasyid Taufan dan Komisi II DPRD Parepare, Rahmat Sjamsu Alam.
"Mulai dari pendaftaran secara online, seleksi berkas, dilanjutkan seleksi wawancara, dan akhirnya menghasilkan 20 finalis Duta Pariwisata Parepare. Dua puluh finalis ini kemudian kita berikan pembekalan, di antaranya koreografi dan pengetahuan tentang kepariwisataan," papar Hamka.

 

Hamka berharap, event ini dapat melahirkan duta-duta pariwita citra teladan yang berjiwa dinamis, inovatif, peduli, dan cerdas, serta dapat menjadi ujung tombak dalam mempromosikan pariwisata di Kota Parepare.

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 di Kota Parepare Tertinggi Ketiga di Sulsel

"Kegiatan ini juga mendukung percepatan vaksinasi COVID-19 dengan mewajibkan pengisi dan pendukung acara melakukan vaksinasi," kata Hamka.

Sponsored by MGID

Kegiatan itu disiarkan secara live di TV Peduli dan dibagikan di sejumlah media sosial, baik Facebook, Instagram, maupun WhatshApp.

Sementara, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe melalui wakilnya, Pangerang Rahim, saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara grand final Duta Pariwisata 2021 berharap, para Dupar Parepare nantinya dapat memperkenalkan keanekaragaman pariwisata Parepare dengan penuh cinta.

Baca Juga : Parepare Terima Dana Transfer Pusat 2022 Rp629 Miliar

"Kota Parepare memiliki keanekaragaman pariwisata yang dapat menarik wisatawan. Parepare bukan lagi kota transit, tetapi kota tujuan pariwisata. Oleh karena itu, diminta para Duta Pariwisata agar piawai dalam mempromosikan pariwisata dan produk daerah," harap Pangerang.

Peranan sumber daya manusia (SDM), kata Pangerang, sangat berpengaruh untuk daya tarik wisatawan. Termasuk putra-putri Duta Pariwisata Kota Parepare. "Pada prinsipnya bukan hanya pengembangan pariwisata, tetapi bagaimana membangun citra daerah dengan cinta," ucapnya.

Dalam grand final itu, terdapat beberapa yang menjadi penilaian, seperti kostum, penampilan, public speaking, dan penguasaan materi (wawasan).

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #Disporapar Parepare