Sabtu, 23 Oktober 2021 16:24

Ketua TP PKK Parepare Dorong Peran Guru Mengaji dalam Membumikan Al-Qur'an

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelatihan qiraah bagi guru mengaji yang digelar Pemkot Parepare bekerja sama BKPRMI di Hotel Bukit Kenari Parepare, Sabtu (23/10/2021).
Pelatihan qiraah bagi guru mengaji yang digelar Pemkot Parepare bekerja sama BKPRMI di Hotel Bukit Kenari Parepare, Sabtu (23/10/2021).

"Guru mengaji harus mempunyai teknik yang tepat agar anak-anak kita termotivasi dalam mencintai Al-Qur'an. Pertama tanamkan niat, dibarengi keikhlasan," pesan pesannya.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, didaulat sebagai salah satu pemateri dalam pelatihan qiraah bagi guru mengaji yang digelar Pemkot Parepare bekerja sama BKPRMI di Hotel Bukit Kenari Parepare, Sabtu (23/10/2021).

Erna membawakan materi berjudul Penguatan Peran Guru Mengaji dalam Membumikan Al-Qur'an. Kegiatan ini diikuti ratusan guru mengaji yang terdiri atas 80 guru TKA/TPA dan 40 guru mengaji peduli.

Saat membawakan materi, wanita yang pernah bergelut lama di dunia jurnalistik itu turun dari panggung. Ia tampil prima berdiri sembari berinteraksi dengan guru mengaji. Guyonan khas pada awal dan akhir materi mampu membuat para peserta terhibur.

Baca Juga : Makan Diberi Tetangga, Kisah Haru Nenek Sakit Stroke di Kota Parepare Hidup Sendiri

Dalam ulasannya, beberapa poin penting yang menjadi pesan untuk para guru mengaji. Di antaranya, menerapkan salat lima waktu tepat waktu dan mewujudkan peran efektif dalam mewujudkan cinta Al-Qur'an di Parepare.

"Guru mengaji harus mempunyai teknik yang tepat agar anak-anak kita termotivasi dalam mencintai Al-Qur'an. Pertama tanamkan niat, dibarengi keikhlasan," pesan Erna.

Ia berharap, guru mengaji terus mengasah keterampilan atau skill sehingga perannya dalam membumikan Al-Qur'an dapat dilaksanakan dengan baik.

Baca Juga : Hadiri Rakorda PKK Sulsel, Erna Rasyid Taufan Harap Semangat Kader Tak Kendor

"Skill bukan hanya pada huruf per huruf dalam Al-Qur'an, tetapi bagaimana mengajak anak kita mencintai Al-Qur'an dengan baik dan tulus nantinya," urai Erna.

Ia juga berharap, Pemkot Parepare terus meningkatkan perhatian kepada para guru mengaji sebagai ujung tombak dalam membumikan Al-Qur'an.

"Saat ini Pemerintah Kota Parepare sangat memperhatikan guru mengaji. Semoga perhatian ini bisa lebih meningkat lagi agar keikhlasan mereka tetap terjaga. Karena keikhlasan itu sesuai kondisi karena kita, kan, manusia biasa walaupun mereka guru mengaji tetapi mereka juga mau makan, mereka meluangkan waktu untuk berjihad di jalan Allah, ya, kita harus meniti orang-orang sekitarnya," beber istri dari Wali Kota Parepare ini.

Penulis : Hasrul Nawir
#pkk parepare #erna rasyid taufan