Selasa, 19 Oktober 2021 18:46

Sebelum PTMT, Unhas Gelar Tes Swab Antigen Massal bagi Dosen dan Mahasiswa

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sebelum PTMT, Unhas Gelar Tes Swab Antigen Massal bagi Dosen dan Mahasiswa

Hasil tes swab antigen menjadi salah satu persyaratan pembelajaran tatap muka di Universitas Hasanuddin, Makassar.

RAKYATKU.COM -- Universitas Hasanuddin tak ingin kecolongan. Sebelum Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) semester awal tahun akademik 2021/2022, semua mahasiswa dan dosen harus menjalani tes.

Pelaksanaan tes massal berlangsung pada Selasa (19/10/2021) di Gelanggang Olahraga JK Arenatorium, mulai pukul 09.00 wita dengan penerapan protokol Covid-19 secara ketat.

Pelaksanaan swab antigen sebelumnya telah dilaksanakan pada Kamis (14/10/2021) hingga Jumat (15/10/2021). Berdasarkan hasil evaluasi, dirasa perlu untuk kembali menghadirkan layanan yang sekaligus menjadi screening test bagi mahasiswa dan dosen untuk mengoptimalkan pemenuhan persyaratan pembelajaran tatap muka.

Baca Juga : Unhas Terima Anugerah Perguruan Tinggi Informatif dari Komisi Informasi Pusat

Fachira Azzahra, mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) angkatan 2020, menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung kebijakan Unhas dalam berkomitmen menekan laju penyebaran Covid-19 dengan menghadirkan layanan tes swab antigen.

Hal ini sangat membantu dirinya sebagai mahasiswa yang sejak awal diterima di Unhas belum pernah merasakan kuliah tatap muka langsung.

"Dengan hasil swab yang ada, tentu kita tidak lagi ragu-ragu ketika sudah mulai mengikuti perkuliahan di kelas. Tapi ini bukan berarti kita akan lalai untuk menerapkan protokol kesehatan. Jadi saya berharap teman-teman tetap bisa konsisten demi mendukung penurunan angka perkembangan Covid-19, khususnya di kampus," jelas Fachira.

Baca Juga : PT Vale dan Unhas Jalin Kerja Sama Strategis Bidang Riset dan Pendidikan

Hal yang sama juga disampaikan, Muh Sukri, mahasiswa program studi Agribisnis Fakultas Pertanian angkatan 2020. Dirinya menyatakan sangat siap mengikuti perkuliahan. Ia mengaku sangat ingin merasakan kuliah tatap muka, sekaligus merasakan suasana kehidupan kampus secara luring.

Dosen Fakultas Pertanian, Rasyidah Bakri, SP, MSc juga sangat mengapresiasi kinerja universitas untuk memberikan layanan ini. Hal ini sesuai kebutuhan sivitas akademik, khususnya dosen dan mahasiswa.

"Ini sangat membantu kami para dosen yang akan memberikan perkuliahan, karena kegiatan ini sebagai bagian dari saling menjaga diri satu sama lain. Kita sepenuhnya tidak boleh merasa diri kita bersih dan juga orang lain. Covid-19 bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh," jelas Rasyidah.

Baca Juga : BPKP Goes to Campus Ajak Mahasiswa Unhas Kawal Akuntabilitas Pembangunan Daerah

Lebih lanjut, Rasyidah berharap mahasiswa dan dosen bisa saling menjaga diri dengan tetap memperhatikan penerapan protokol pencegahan Covid-19 agar proses pelaksanaan perkuliahan tatap muka secara terbatas dapat berjalan dengan rasa aman.

Proses pelaksanaan swab antigen di Unhas berlangsung dengan dua sesi yang telah dibagi berdasarkan fakultas dan dijadwalkan berakhir pada pukul 16.00 wita.

 

#Universitas Hasanuddin