Sabtu, 16 Oktober 2021 17:46

Benarkah Jokowi-Ma'ruf Sukses Atasi Pandemi Covid-19? Begini Menurut Pengamat

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Benarkah Jokowi-Ma'ruf Sukses Atasi Pandemi Covid-19? Begini Menurut Pengamat

Tekanan ke pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin di awal pandemi cukup kuat dari berbagai aspek.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Pemerintahan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dipandang sukses mengatasi pandemi Covid-19 selama kepemimpinannya di periode keduanya.

Hal itu disampaikan akademisi dan pemuda dalam diskusi publik bertajuk "Dua Tahun Kepemimpinan Joko Widodo-Ma'ruf Amin Berhasil Atasi Pandemi Covid-19" di Warkop Sija Bonto Mene, Makassar, Sabtu (16/10/2021).

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unibos, Arief Wicaksono mengatakan, tekanan ke pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin di awal pandemi cukup kuat dari berbagai aspek.

Baca Juga : Dokter Penemu COVID-19 Varian Omicron: Gejalanya Ringan, Bisa Dirawat di Rumah

"Misalnya tekanan dari parlemen soal refocusing anggaran itu cukup kuat, tetapi Pak Jokowi akhirnya mampu meyakinkan sehingga bisa disetujui. Ini menandakan bahwa kesuksesan Jokowi-Ma'ruf mengatasi pandemi bukan sekadar isapan jempol," kata Arief.

Arief juga menilai luar biasa pertahanan Jokowi-Maruf dalam menghadapi ujian di masa pandemi Covid-19, dan itu sudah dilewati hingga kasus bisa melandai sampai sekarang ini.

 

"Kami melihat bahwa dua tahun pandemi di Indonesia, ekonomi sudah mulai perlahan-lahan membaik. Saya kira ini salah satu menjadi tolok ukur keberhasilan pemerintah bisa mengatasi pandemi," jelasnya.

Baca Juga : Virus Corona Varian Baru Muncul di Rusia, Lebih Menular Dibanding Delta

Narasumber lainnya, Ketua Forum Pascasarjana Unhas Takdir Khair menjelaskan bahwa para pemuda harus turut ambil peran dalam menyukseskan program pemerintah mengatasi pandemi Covid-19.

Sponsored by MGID

"Nah pemuda harus ambil peran, inovasi-inovasi dari anak muda sangat dibutuhkan di masa pandemi ini. Tidak hanya itu, ikhtiar pemerintah dalam hal ini program vaksin penting kita sukseskan," jelasnya.

Dia juga mengapresiasi program Pemerintah Kota Makassar dalam mengatasi pandemi sehingga PPKM bisa turun ke level 2, padahal sebelumnya di level 4.

Sponsored by advertnative
 
#Jokowi-Ma'ruf Amin #Covid-19