Senin, 11 Oktober 2021 21:42

Bupati Luwu Utara Tak Ingin Renstra Perangkat Daerah Jalan di Tempat

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara Tak Ingin Renstra Perangkat Daerah Jalan di Tempat

Implementasi Renstra Perangkat Daerah terkadang kurang berjalan dengan baik.

MAKASSAR -- Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Luwu Utara menggelar Coaching Clinic Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah (PD) Tahun 2021-2016, Senin (11/10/2021), di Ruang Rapat Kantor Bappelitbangda Lantai IV Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan dibuka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Coaching Clinic Penyusunan Renstra dilaksanakan selama dua hari, 11-12 Oktober 2021, dengan menghadirkan seluruh Kasubag Perencanaan di semua Perangkat Daerah (PD) sebagai peserta. Dalam sambutannya, Bupati Indah Putri Indriani menegaskan bahwa Renstra PD yang akan disusun harus selaras dengan visi-misi Pemda dan mengacu pada RPJMD dan RPJMN.

“Kita juga harus melihat RPJMD dan RPJMN yang telah melalui proses evaluasi, sehingga diperlukan penguatan kapasitas perangkat daerah dalam menerjemahkan, mengoperasionalkan dan mengimplementasikan dokumen perencanaan lima tahun yang akan kita evaluasi setiap tahunnya,” kata Indah.

Baca Juga : 94 Aparatur Desa dan Kecamatan di Luwu Utara Ikut Pelatihan Program Pamsimas III

Ia mengatakan, Renstra PD sebenarnya telah dipahami dengan baik, tapi implementasinya terkadang kurang berjalan dengan baik. “Banyak yang paham, tapi dalam pelaksanaannya kadang lupa yang dilihat dari indeks reformasi birokrasinya. Apabila stagnan atau jalan di tempat, berarti banyak yang tidak paham. Olehnya itu, konsolidasi, koordinasi, sinkronisasi dan integrasi yang tidak jalan dapat menimbulkan ego sektoral karena tidak paham,” tutur Indah.

Dikatakan Indah, kewajiban para peserta adalah bagaimana menyusun renstra dengan baik, sehingga implementasinya juga baik. “Kita ini bukan pemimpi, bukan orang punya mimpi, karena pada saat pemilu yang lalu, sudah dimasukkan dalam dokumen RPJMD, membuat peta jalan kita dalam tahun pertama sampai tahun kelima, tentu dengan memperhatikan lingkungan strategis, domestik, regional, nasional maupun internasional,” terang Bupati perempuan pertama di Provinsi Sulawesi Selatan ini.

 

Sebelumnya, Kepala Bappelitbangda Lutra, Alauddin Sukri, mengatakan, kegiatan penyusunan Renstra PD adalah kegiatan yang sangat penting dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ruang lingkup tahapan perencanaan PD, meningkatkan pemahaman peserta antara kesesuaian dokumen rencana lima tahunan tentang visi-misi Kabupaten Luwu Utara yang memuat arah kebijakan pemda yang disusun oleh setiap PD. “Kegiatan ini penting untuk menyelaraskan hubungan kerja pemerintah daerah,” kata Alauddin.

Baca Juga : HUT ke-352 Sulsel, Bupati Luwu Utara Doakan Sulsel Semakin Maju

Sekadar diketahui, Coaching Clinic Penyusunan Renstra PD ini juga dirangkaikan dengan Coaching Clinic Penyusunan Peta Proses Bisnis (Probis). Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Darmawan Bintang, Kepaka Biro (Kabiro) Organisasi Setda Provinsi Sulsel Andi Mirna, Asisten Administrasi dan Umum Pemda Lutra Eka Rusli, para Kepala Perangkat Daerah, para Camat serta para Kasubag Program dan Perencanaan Lingkup Pemda Luwu Utara.

Sponsored by advertnative
 
#pemkab luwu utara